Selasa 16 Oct 2018 05:17 WIB

Mobil Sehat PGN Beri Pelayanan Kesehatan Gigi

PGN juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut untuk balita.

Beberapa siswa sekolah SDN 3 Cikini menjalani pemeriksaan gigi saat Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa (22/9).
Foto: Republika/ Wihdan
Beberapa siswa sekolah SDN 3 Cikini menjalani pemeriksaan gigi saat Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa (22/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Tim Mobil Sehat Perusahaan Gas Negara (PGN) Lampung memberikan pelayanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan gigi dan mulut. Humas PGN Area Lampung, Heru mengatakan PGN juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut untuk balita dan orang tua.

Kegiatan itu berlangsung di Kelurahan Sukamenanti Kecamatan Kedaton, Kota Bandar lampung memberikan layanan kesehatan gratis. Layanan kesehatan gratis Mobil sehat PGN yaitu pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi, pemeriksaan ibu hamil dan USG, pemberian PMT balita dan lansia, serta cek metabolik dan golongan darah bagi warga yang membutuhkan.

Heru menjelaskan kesehatan gigi dan mulut adalah sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak serta tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

"Mulut merupakan suatu tempat yang sangat ideal bagi perkembangan bakteri. Bila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip bersama bakteri akan bertambah banyak dan membentuk koloni yang disebut plak, yaitu lapisan film tipis, lengket dan tidak berwarna," katanya, (10/10).

Warga Kelurahan Sukamenanti, Sayuti  (76) mengaku senang karena dapat mengontrol kesehatan gigi, namun tidak berani melakukan pencabutan gigi yang sudah berubang (karies).  Namun, dirinya memberanikan diri untuk mencabut gigi, saat ada pemeriksaan gratis oleh mobil sehat PGN

Pada kegiatan itu tercatat  pemeriksaan umum sebanyak 105 orang, pemeriksaan gigi  sebanyak tiga orang, cek metabolik sebanyak 29 orang, cek golongan darah sebanyak dua penerima manfaat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement