Rabu 03 Oct 2018 20:19 WIB

Menhub: Tidak Ada Penerbangan Komersial Gratis di Palu

Penerbangan gratis di bandara Palu hanya untuk terkait kemanusiaan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini
Calon penumpang menunggu penerbangan di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Calon penumpang menunggu penerbangan di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan tidak ada penerbangan komersial gratis di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Selatan. Budi mengatakan informasi tersebut dia dapatkan langsung dari Panglima TNI.

Dia mengatakan, jika ada penerbangan gratis maka hal tersebut hanya yang berkaitan dengan kemanusiaan, korban sakit, atau relawan. “Bandara Mutiara Sis Al Jufri, seluruhnya merupakan penerbangan komersial dan kegiatan kemanusiaan,” kata Budi dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Perhubungan, Rabu (3/10).

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus Santoso memastikan penumpukan penumpang yang ada di bandara tersebut sudah dialihkan menggunakan transportasi kapal. Sejak 1 Oktober 2018, kata Agus, Pelabuhan Pantoloan, Palu sudah dibuka dan sejumlah kapal dapat bersandar dan beroperasi.

Agus memastikan kondisi Pelabuhan Pantoloan sangat kondusif sehingga dapat kembali beroperasi untuk mengangkut penumpang. “Kondisinya bisa dipakai. Pelabuhan Pantoloan hanya minor saja kerusakannya, kami optimalkan di Pelabuhan Pantoloan,” ujar Agus.

Bahkan, menurut Agus, tidak hanya kapal besar yag dapat mendarat di Pelabuhan Pantoloan tetapi juga kapal kecil jika diperlukan. Untuk itu Agus menegaskan, Kemenhub memfokuskan pada pelabuhan tersebut dan pergudangan.

Baca: Perbaikan Landasan Pacu Bandara Palu Butuh 2 Pekan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement