Selasa 02 Oct 2018 06:37 WIB

Indosat Berupaya Pulihkan Layanan Komunikasi

Indosat menyediakan layanan telekomunikasi gratis bagi masyarakat terdampak gempa.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolanda
Personel TNI mengevakuasi korban gempa dan tsunami Palu-Donggala saat tiba di Lanud Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/10).
Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Personel TNI mengevakuasi korban gempa dan tsunami Palu-Donggala saat tiba di Lanud Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu penyedia layanan telekomunikasi, Indosat Ooeredoo, menurunkan Mobil Klinik dan layanan telepon gratis di Kabubaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Mobil Klinik diterjunkan untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami yang kesulitan melakukan kontak dengan keluarga.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Joy Wahjudi mengatakan, bencana tersebut telah menghentikan aktivitas sehari-hari masyarakat. Bahkan, sebagian besar masyarakat harus diungsikan dan tinggal dalam kondisi darurat.

"Indosat Ooredoo terpanggil untuk meringankan beban masyarakat sekitar yang terdampak melalui beberapa program kepedulian sosial, selain upaya pemulihan jaringan telekomunikasi yang masih terus dilakukan," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (1/10).

Upaya pertama yang dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pemulihan layanan dan jaringan yang terdampak. Pasalnya, kata dia, komunikasi dibutuhkan pada saat-saat genting setelah gempa.

Selain itu, pihaknya juga menurunkan Mobil Klinik yang memberikan pertolongan pertama kepada korban gempa, terutama di masa tanggap darurat yang masih berlangsung saat ini. Ia menambahkan, Indosat juga menyediakan layanan telekomunikasi gratis agar masyarakat yang terdampak dapat menghubungi dan memberi kabar kepada sanak saudaranya.

"Kami berharap kondisi segera berangsur baik dan masyarakat dapat segera menjalankan aktivitas normal kembali," ujar dia.

Indosat masih terus berupaya memulihkan jaringan telekomunikasi yang terkendala karena ketiadaan daya listrik dan jaringan transmisi yang down. Tim teknis jaringan, jelas dia, langsung terjun ke lapangan untuk mengatasi berbagai kendala agar site dan BTS dapat segera pulih di tengah ketiadaan daya listrik, kelangkaan bahan bakar serta beberapa kondisi medan atau lokasi site yang rusak karena gempa.

Sementara itu, Indosat Ooredoo mengirimkan Mobil Klinik yang berada di Makassar dengan membawa tenaga medis dan petugas kesehatan. Kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama dua pekan di 12 titik tersebut meliputi layanan kesehatan umum, pemberian makanan tambahan, pemulihan trauma untuk anak-anak, dan pembagian paket kebutuhan darurat. Penerima manfaat ditargetkan sebanyak 3.000 orang menerima layanan ini.

Selain bantuan kesehatan, Indosat Ooredoo memberikan telepon dan SMS gratis sampai dengan tanggal 14 Oktober 2018 ke semua operator, tanpa perlu mendaftar paket tertentu, dan bisa langsung dinikmati oleh pelanggan yang berada di wilayah bencana.

Baca juga, Penyedia Jasa Telekomunikasi Pastikan Jaringan Tersedia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement