Ahad 30 Sep 2018 12:19 WIB

Telkom Pastikan Layanan Komunikasi di Palu Sudah Membaik

Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah
Satelit telkom-3 (ilustrasi)
Satelit telkom-3 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan telekomunikasi PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) di wilayah Kota Palu, Donggala, dan sekitarnya berangsur pulih. Seperti diketahui pascagempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Ritcher (SR), layanan komunikasi sempat terputus.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, saat ini layanan komunikasi SMS dan suara berangsur pulih di beberapa titik strategis kota Palu. "Diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi-instansi yang sangat membutuhkan serta jaringan 4G sudah kembali beroperasi di beberapa wilayah seperti Toli-toli, Poso dan Luwuk," tuturnya melalui keterangan resmi, Ahad (30/9).

Sedangkan untuk Kota Donggala, dia mengatakan, perangkat layanan voice dan internet telah pulih. Hanya saja, pelanggan IndiHome yang menggunakan jaringan fiber optik masih terkendala gangguan listrik di jaringan aksesnya menuju pelanggan. “Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala. Itu diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan internet," kata Arif.

 

TelkomGroup mengaktifkan pula sistem komunikasi satelit melalui anak usahanya Telkomsat. Kini Telkom sedang memberangkatkan Satellite News Gathering (SNG) dari Makassar ke Palu. "Telkom berupaya maksimal melakukan recovery layanan telekomunikasi. Tujuannya memudahkan koordinasi pemerintah serta seluruh petugas lapangan yang saat ini tengah fokus melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana," jelas Arif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement