Senin 24 Sep 2018 06:28 WIB

Balkondes PLN Terima Ratusan Delegasi ICW

Ini bukti PLN mendukung pemberdayaan perempuan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
Tarian untuk menghibur delegasi Dewan Perempuan Internasional (ICW) dan peserta Sidang Umum ke-35 ICW Yogyakarta, pada acara Jamuan Makan Malam di Balkondes Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (18/9) malam.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Tarian untuk menghibur delegasi Dewan Perempuan Internasional (ICW) dan peserta Sidang Umum ke-35 ICW Yogyakarta, pada acara Jamuan Makan Malam di Balkondes Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (18/9) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNGKID -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menerima Ratusan delegasi peserta Sidang Umum ke-35 Dewan Perempuan International (ICW) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (18/9) malam. Mereka sekaligus menggelar galadiner dalam rangka penyambutan.

Rombongan yang dipimpin Presiden ICW, Kim Junsook disambut penampilan tarian budaya asli yang masih lestari di Ngadiharjo. Seperti tari Madyo Warno Ndolalak, Laras Budoyo dan tari Turanggo Sari Mudo. Kesenian ini mengilustrasikan keragaman budaya, semangat serta keuletan masyarakat Ngadiharjo yang dalam mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan bersama.

Rombongan disambut oleh Staf Khusus II Kementerian BUMN, yang juga selaku Penanggung-Jawab Panitia Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia dan Panitia Penyelenggaraan Sidang Umum ke-35 ICW, Judith J Dipodiputro.

Direktur Human Capital PT PLN (Persero), Moch Ali dalam kesempatan ini mengungkapkan, kegiatan ini dihelat khusus untuk menyambut rombobgan ICW. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan semangat kepada kaum perempuan di Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa.

"Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa PLN mendukung pemberdayaan perempuan," katanya.

Ia juga mengungkapkan, Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta sebelumnya telah dimulai pada 13 September 2018 dan secara resmi dibuka oleh Presiden RI Jokowi pada Jumat, 14 September 2018.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh ICW, Kowani (Kongres Wanita Indonesia) didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan 35 BUMN. "Termasuk PLN, yang menjadi tuan rumah pada acara Gala Dinner di Balkondes Ngadiharjo," tandasnya.

Moch Ali juga menyampaikan, Balkondes PLN Ngadiharjo, peran aktif Balkondes sebagai program Kementerian BUMN dan berbagai BUMN dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat desa di sekitar terutama area Taman Wisata Candi Borobudur.

photo
Delegasi peserta Sidang Umum ke-35 Dewan Perempuan International (ICW) mengikuti Gala Dinner di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) PLN Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (18/9) malam.

Balkondes merupakan sebuah program bentukan BUMN yang dimanfaatkan sebagai sebuah etalase bagi perekonomian daerah yang beberapa di antaranya melibatkan pemberdayaan kaum perempuan. Balkondes juga memberikan ruang bagi pemerintah desa maupun masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi yang ada di desa, dan pengembangan produk unggulan desa.

Melalui Balkondes, masyarakat, khususnya desa, akan dipersiapkan untuk menyambut serta memberikan pelayanan maksimal bagi para wisatawan yang datang ke daerahnya," tandasnya.

Kunjungan delegasi Sidang Umum ke-35 ICW itu akan memberikan kesan tersendiri karena tidak dapat ditemui di negara mereka. "Kehadiran para delegasi asing ini diharapkan dapat menginspirasi tumbuhnya kewirausahaan dan bisnis di sekitar Balkondes," lanjutnya.

Sementara itu, Presiden Dewan Perempuan Internasional, Kim Junsook mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan dan kesediaan BUMN untuk menjadi tuan rumah. Mewakili para delegasi ICW, ia juga terkesan dengan pemberdayaan kaum perempuan melalui Balkondes ini.

"Walaupun hujan mengguyur, kami sangat menikmati sambutan ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement