Jumat 14 Sep 2018 13:03 WIB

Pertamina Salurkan Rp 938 Juta untuk CSR di Sumbar

Dana CSR kali ini menyasar program pemberdayaan masyarakat.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Gita Amanda
Pertamina MOR I menyalurkan dana CSR untuk wilayah kerja Sumbar.
Pertamina MOR I menyalurkan dana CSR untuk wilayah kerja Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I kembali menyalurkan dana Pertanggujawaban Sosial Perusahaan (CSR) sebesar Rp 938 juta di wilayah kerja Sumatra Barat (Sumbar). Melalui Terminal Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau, dana CSR kali ini menyasar program pemberdayaan masyarakat dan program keanekaragaman hayati.

Keenam bidang pengembangan dan kelanjutan program yang disentuh Pertamina adalah proyek kelanjutan transplantasi terumbu karang buatan di Kota Pariaman senilai Rp 95 Juta, pengembangan kawasan konservasi penyu dan kelanjutan tranking Mangrove senilai Rp 285 Juta, kelanjutan budidaya lebah madu hutan di Nagari Sungai Buluh senilai Rp 137 juta, peralatan media pembelajaran di Batang Anai Padang Pariaman senilai Rp 130 juta, serta mobilisasi bidan desa di Nagari Ketaping senilai Rp 151 juta.

Operation Head (OH) Terminal DPPU Minangkabau, Abdul Muis, dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina memiliki dua tanggung jawab besar. Selain berkewajiban mendulang untung demi ikut serta membangun negara, perusahaan juga punya kewajiban sosial dan lingkungan. Ia berharap, penyaluran CSR ini berperan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar operasi.

photo
Pertamina MOR I menyalurkan dana CSR untuk wilayah kerja Sumbar.

"Kedua tanggung jawab itu, mencari profit dan tanggung jawab sosial, harus bisa sejalan," jelas Abdul.

Abdul Muis juga menjelaskan bahwa tujuan strategis program CSR Pertamina adalah meningkatkan reputasi dan kredibilitas Pertamina melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang terintegrasi dengan strategi bisnis.

Sementara itu, Unit Menager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto mengungkapkan komitmen Pertamina dalam melaksanakan TJSL diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR. CSR meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, maupun bantuan khusus.

"Realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruh unit kerja fungsi CSR Pertamina, baik di unit operasi, Pertamina mengimplementasikan program CSR untuk tujuan people, planet, and profit atau 3P," ujar Rudi Ariffianto.

Rudi juga menjelaskan bahwa tujuan ini menjadi fokus Pertamina dalam menjalankan operasinya. Di mana produk-produk yang dikembangkan dan jasa yang diberikan peduli terhadap kelestarian lingkungan khususnya bumi untuk kepentingan dan masa depan generasi yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement