Selasa 14 Aug 2018 09:37 WIB

PGN Salurkan Gas Dua Industri di Riau

Rata-rata jumlah yang disalurkan sebanyak 22 BBUTD.

PGN mulai menyalurkan gas bumi (gas in) ke pabrik infus milik PT Emjebe Pharma di Pasuruan, Jawa Timur.
Foto: PGN
PGN mulai menyalurkan gas bumi (gas in) ke pabrik infus milik PT Emjebe Pharma di Pasuruan, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan gas kepada dua industri PT IKPP dan Pertamina EP Lirik di Riau. Rata-rata jumlah yang disalurkan sebanyak 22 Billion British Thermal Unit per day (BBTUD).

"Penyaluran gas untuk IKPP - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi kertas dan pulp serta produk turunannya," kata Arief Nurrachman, Sales Area Head PGN, area Pekanbaru-Dumai, Senin (13/8).

PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk saat ini dengan lokasi pabrik industri non migas itu berada di Perawang, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Gas yang dibutuhkan di IKPP, katanya, sebagai bahan bakar untuk produksi pulp dan kertas.

PGN Alirkan Gas ke Perusahaan Tali Sepatu di Surabaya

Selain itu, PGN memasok kebutuhan gas untuk Pertamina EP Asset I, menggunakan gas bumi untuk pembangkit listrik yang selanjutnya listrik tersebut dipergunakan untuk proses produksi lifting oil yang saat ini memiliki operasional di wilayah Lirik dan Ukui.

"Sejauh ini, pasokan gas sangat mencukupi untuk industri dan sejumlah pelanggan PGN di Riau tersebut," katanya.

Hingga akhir 2017, PGN tercatat telah menyalurkan gas bumi sebesar 1.505 MMSCFD. Seluruh gas tersebut dialirkan melalui jaringan infrastruktur pipa gas sepanjang 7.453 km, kepada 196.221 pelanggan dari berbagai segmen baik rumah tangga maupun korporasi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement