Senin 13 Aug 2018 19:21 WIB

PLN Segera Listriki Tiga Pulau di Kepulauan Banda

PLN akan fokus untuk segera melaksanakan pembangunan PLTD serta pembangunan jaringan.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Pemasangan jaringan listrik PLN. (Ilustrasi)
Foto: MOHAMAD HAMZAH/ANTARA FOTO
Pemasangan jaringan listrik PLN. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bagian dari program 35 ribu Megawatt (MW) dan juga program Maluku dan Maluku Utara Terang, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan segera melistriki tiga pulau yang terletak di Kecamatan Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Ketiga pulau tersebut yakni Pulau Rhun, Pulau Ay dan Pulau Hatta yang terletak di Kepulauan Banda.

Sesuai dengan salah satu isu strategis Direktorat Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN yaitu percepatan desa berlistrik, Plt. Manajer PLN Area Ambon Muh Ichlas Fattah mengatakan, setelah ini PLN akan fokus untuk segera melaksanakan pembangunan PLTD tersebut serta pembangunan jaringan di masing-masing pulau.

Untuk di Pulau Rhun, PLN akan membangun PLTD dengan kapasitas mesin 4×40 kW dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3,5 kms. Untuk Pulau Ay akan dibangun PLTD dengan kapasitas mesin 4×40 kW dan JTR sepanjang empat kms. Sedangkan untuk di Pulau Hatta, akan dibangun PLTD dengan kapasitas mesin 3×40 kW serta JTR sepanjang tiga kms.

“Kami targetkan pekerjaan ini dapat selesai di Bulan Desember 2018 apabila tidak ada kendala yang disebabkan oleh cuaca guna transportasi materialnya. Selain itu, kami juga berterima kasih atas dukungan segala pihak sehingga lahan guna pembangunan ketiga PLTD ini dapat tersedia. Kami berharap ketika pembangunan seluruh infrastruktur ketenagalistrikan tersebut selesai dibangun, masyarakat juga dapat menjaganya karena ini merupakan asset kita bersama” ujar Ichlas.

Calon pelanggan PLN sendiri di masing-masing pulau tersebut yaitu sebanyak 275 pelanggan di Pulau Rhun, 237 pelanggan di Pulau Ay dan 179 pelanggan di Pulau Hatta. Dengan demikian akan ada 691 calon pelanggan yang akan menikmati listrik dari PLN di tiga Pulau tersebut.

Kepala Wilayah Kecamatan Kepulauan Banda Kadir Saliran mengatakan dirinya mengapreasiasi apa yang dilakukan oleh PLN untuk melistriki tiga pulau ini. “Saya juga mengajak seluruh masyarakat di Pulau Rhun, Ay dan Hatta untuk mengapresiasi dan mendukung PLN yang akan segera membangun PLTD untuk melistriki ketiga pulau ini karena listrik adalah kebutuhan primer bagi kegiatan masyarakat”, jelasnya.

Kepala Desa Pulau Hatta Sudar Raharusun menyatakan terima kasih kepada PLN yang akan segera melistriki desanya. Tentu ini menurut Hatta, akan sangat bermanfaat bagi kegiatan perekonomian masyarakat. Ia berharap pembangunan ini dapat segera rampung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement