Rabu 01 Aug 2018 03:00 WIB

BCA Syariah Mulai Himpun Dana Setoran Haji

BCA Syariah telah terkoneksi dengan Siskohat Kementrian Agama.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Jamaah haji Indonesia mendapatkan bimbingan ibadah dari petugas haji di Sektor 2 Makkah.
Foto: Republika/Erdy Nasrul
Jamaah haji Indonesia mendapatkan bimbingan ibadah dari petugas haji di Sektor 2 Makkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - BCA Syariah mulai melakukan penghimpunan dana setoran haji mulai semester kedua tahun ini. BCA Syariah telah ditunjuk oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) untuk tiga kategori, yakni bank penerima setoran, bank penempatan, dan mitra investasi.

Presiden Direktur BCA Syariah, John Kosasih, mengatakan pada pertengahan tahun ini, BCA Syariah telah terkoneksi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama. BCA Syariah mengimplementasikan Layanan Setoran Haji secara bertahap di jaringan cabang.

Nasabah akan segera dapat melakukan setoran haji di 59 jaringan kantor cabang BCA Syariah yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Medan dan Palembang.

“Layanan Setoran Haji menjadi inisiatif Iayanan terbaru dari BCA Syariah. Layanan ini diharapkan dapat memberikan solusi terintegrasi bagi calon jemaah mulai dari persiapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga melakukan setoran awal BPIH sebagai prasyarat pendaftaran haji," kata John Kosasih dalam acara Paparan Kinerja Semester I 2018 di Kantor Pusat BCA Syariah, Jakarta, Selasa (31/7).

BCA Syariah telah memiliki produk Tahapan Mabrur iB untuk mendukung pelaksanaan ibadah para jemaah haji. Produk tersebut memiliki beberapa keunggulan, antara lain, gratis biaya administrasi, setoran awal ringan, bisa buka rekening untuk segala usia, serta bebas pilih jenis setoran secara fleksibel atau terjadwal.

Direktur BCA Syariah, Houda Muljanti, menambahkan, BCA Syariah baru mulai mengoperasikan layanan setoran haji pada semester kedua 2018. "Tahun ini kami targetnya bagaimana proses ini sudah bisa berjalan baik, bukan jumlah nasabah," ujar Houda.

Houda menambahkan, BCA Syariah memiliki beberapa strategi untuk mencapai target ke depan. Pertama, bulan ini gerai-gerai BCA Syariah sudah bisa menerima setoran haji. Kemudian bulan depan cabang BCA Syariah di Sumatra sudah bisa menerima setoran.

Dia menilai, yang perlu dilakukan mengedukasi kepada masyarakat mengenai BCA Syariah sudah bisa menerima setoran dana haji. "Kami juga memanfaatkan induk BCA kalau ada nasabah BCA yang menanyakan setoran haji bisa ke BCA Syariah. Ke depan rencana konsolidasi dengan BCA melakukan office channeling," kata Houda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement