Selasa 24 Jul 2018 17:27 WIB

PLN Ajak Putri Indonesia Edukasi Lingkungan Sekolah

Kegiatan ini diwujudkan melalui edukasi lingkungan, penghijauan dan konservasi .

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Penanaman Pohon.
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Penanaman Pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sambut Hari Anak Nasional (HAN) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pengaturan Distribusi (APD) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ajak murid Sekolah Dasar (SD) peduli lingkungan. Dalam kegiatan ini PLN menggandeng finalis Putri Indonesia Jawa Tengah, Megawati Prabowo.

Kegiatan ini diwujudkan melalui edukasi lingkungan, penghijauan dan konservasi tanaman lokal kepada murid SDN 01 Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Selasa (24/7). PLH Manajer APD Jawa Tengah dan DIY, Gede Ayusta, mengatakan kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa cinta kepada lingkungan sekitar. Kegiatan melibatkan ratusan murid SDN 01 Kalipancur.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam acara ini untuk mengedukasi para siswa mengenai pentingnya lingkungan hidup sekaligus meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa untuk menjaganya. Para siswa, jelas Ayusta, juga diajak untuk praktek langsung lewat penanaman pohon bersama.

Adapun jenis pohon yang ditanam untuk penghijauan yaitu pohon lokal asli Semarang. Seperti pohon asem dan pohon kembang kantil. PLN APD Jawa Tengah dan DIY juga turut memberikan bantuan berupa konservasi tanaman lokal untuk sekolah agar menjadi lebih hijau.

"Harapan kami, edukasi ini akan mampu mendorong SDN 01 Kalipancur bisa menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional," tambahnya.

Ayusta juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PLN terhadap masyarakat dengan menanamkan karakter sejak dini mengenai kepedulian terhadap lingkungan. Dengan adanya sosialisasi dan edukasi ini, anak-anak siswa SD diharapkan bisa termotivasi untuk menjaga lingkungan yang ada disekitarnya.

"Sehingga akan tercipta lingkungan belajar (sekolah) yang bersih dan sehat, guna mendukung kegiatan belajar mengajar,” katanya.

Kepala Sekolah SDN 01 Kalipancur, Mukri, mengungkapkan edukasi dan sosialisasi kecintaan terhadap lingkungan sejak dini ini menjadi pelajaran yang efektif bagi para siswanya. Para murid memperoleh pengetahuan baru tentang bagaimana menjaga keberlangsungan lingkungan dari pihak eskternal seperti PLN serta Puteri Indonesia Jawa Tengah.

“Kami berharap akan tertanam dalam diri anak anak mengenai pentingnya menjaga atau melestarikan lingkungan yang ada di sekolahnya,” kata Mukri.

Tidak hanya pihak sekolah, namun kegiatan ini juga disambut baik oleh Kepala UPTD Kecamatan Ngaliyan, Susmiyati. Ia juga mengapresiasi kepedulian PLN terhadap sekolah rintisan adiwiyata nasional ini.

SDN 01 Kalipancur merupakan salah satu sekolah rintisan adiwiyata nasional yang memerlukan kerja sama dari seluruh stakeholder yang ada. “Semoga dengan adanya program ini dapat memicu semangat kita semua dalam mewujudkan sekolah adiwiyata nasional,“ tambah Susmiyati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement