Senin 23 Jul 2018 21:14 WIB

Balitbang Serahkan 8 Ribu Bibit Kelapa ke Kelompok Tani

UK-UPT Balitbangtan produksi bibit bersertifikat dengan inovasi teknologi

Red: EH Ismail
Sebanyak 8 ribu bibit kelapa diserahkan ke kelompok tani di Kabumen, Jawa Tengah.
Sebanyak 8 ribu bibit kelapa diserahkan ke kelompok tani di Kabumen, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Dukungan Kementerian Pertania melalui Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dalam mensukseskan Tahun Perbenihan 2018 nyata terlihat di seluruh penjuru nusantara. Balitbang memproduksi benih tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura yang dilaksanakan oleh Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Tugas (UPT) baik di pusat maupun di daerah.

Dimulai pada 2017, produksi benih berbagai komoditas telah terlaksana yang diantaranya sudah didistribusikan kepada masyarakat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan wilayah. Hal itu dilakukan atas kerja sama dengan pemerintah daerah dalam penentuan CPCL-nya. Benih berbagai komoditas yang diproduksi oleh UK-UPT Balitbangtan, selain benih bersertifikat atau berlabel, namun juga penuh dengan sentuhan inovasi teknologi dalam proses produksinya.

BPTP Balitbangtan Jawa Tengah mendapat mandat memproduksi benih berbagai komoditas. Dalam waktu dekat BPTP Balitbang Jateng siap mendistribusikan benih beberapa komoditas yang lain diantaranya kentang dan bawang putih. Sebelumnya, BPTP telah mendistribusikan benih pepaya delima dan tebu kepada kelompok tani di beberapa kabupaten di Jateng. 

Pada Jumat (20/7), disaksikan oleh Kadistan dan Pangan Kabupaten Kebumen serta Kabid Perkebunan Distanbun Provinsi Jateng, BPTP Balitbangtan Jateng menyerahkan 8 ribu benih kelapa (kelapa dalam) kepada lima Gabungan Kelompok Tani di wilayah Kabupaten Kebumen.

Kepala BPTP Balitbangtan Jateng, Harwanto menyatakan, benih kelapa produksi BPTP Balitbangtan Jateng yang lolos sertifikasi sebanyak 9.450 batang dari target output 8 ribu batang. Dengan demikian, distribusi benih tidak hanya kepada lima Gapoktan di Kecamatan Sadang dan Karanggayam Kabupaten Kebumen, namun juga juga dialokasikan untuk desa miskin di Kecamatan Adimulyo sebanyak 500 batang.

Kadistan dan Pangan Kabupaten Kebumen mengucapkan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Jateng dan Distanbun Provinsi Jateng yang telah mengalokasikan bantuan benih kelapa di Kabupaten Kebumen. Dengan adanya bantuan benih tersebut diharapkan akan bisa meningkatkan produksi kelapa di tahun- tahun yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement