Senin 25 Jun 2018 22:22 WIB

Puncaknya Pergudangan, Bersiap Untuk Lonjakan di Hari Raya

Bulan Ramadhan tahun ini dianggap merupakan masa emas bagi industri retail

Pergudangan barang (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Pergudangan barang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Managing Director Manhattan Associates di Asia Tenggara, Richard Wright mengatakan saatnya sudah tiba. Dengan beberapa retailer Indonesia yang menargetkan hingga 45 persen dari total pendapatan tahunan mereka selama periode menjelang liburan Lebaran, bulan Ramadhan merupakan masa emas di tahun ini bagi industri retail di Indonesia.

Selain itu, keuntungan penjualan retail juga sudah meluas ke perdagangan online yang semakin memegang peran penting di industri ini. Menurut penelitian terbaru dari Priceza, tingkat klik pada penjualan online 26 persen lebih tinggi selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan sebelumnya, sementara nilai transaksi naik sebanyak 16 persen.

"Jika Distribution Centre (DC) anda terfokus untuk melayani wilayah Jakarta, dan dengan lancar dapat menangani lonjakan volume barang yang dijual, anda memiliki peluang besar untuk dapat memaksimalkan kepuasan pelanggan. Tidak hanya selama peak season ini, tetapi juga setelah periode hari raya berakhir," kata Richard dalam rilisnya, Senin (25/6).

Laju cepat pusat distribusi / Distribution Centre (DC), ditambah dengan kompleksitas format fulfilment baru, tuntutan pelanggan yang dinamis dan lonjakan tenaga kerja musiman, mengindikasikan bahwa para manager distribusi harus memberikan performa terbaiknya dalam mengelola gudang mereka.

Tapi bagaimana para pelaku retail, khususnya di lingkungan retail omni-channel saat ini, dapat memanfaatkan peluang ini dan memastikan bahwa produk yang datang dapat mengisi rak-rak toko dengan on-time, dikirim ke konsumen dengan cara dan waktu yang pas bagi mereka, tersedia dalam jumlah yang cukup selama periode promosi, dan bahwa tidak ada stok sisa yang banyak setelah periode peak season tersebut selesai.

Manhattan Associates, penyedia solusi Rantai Pasok / Supply Chains dan Omnichannel terkemuka, telah bekerja dengan perusahaan di seluruh Indonesia selama bertahun-tahun untuk membantu perusahaan-perusahaan retail melakukan hal ini. Dua perusahaan tersebut adalah Matahari Group dan PT Kanmor Retail.

"Matahari Group adalah pelanggan setia Manhattan sejak lama, dan telah mengandalkan solusi Manhattan untuk secara efektif memenuhi permintaan pelanggannya sepanjang tahun dan selama musim hari raya / peak season. Selain itu, Matahari Group telah mencapai banyak peningkatan operasional di seluruh fungsi rantai pasoknya berkat teknologi Manhattan," jelasnya.

Setelah implementasi Solusi WMS dan Slotting Optimization Manhattan di divisi makanan, yaitu Matahari Food Business, perusahaan ini meraih banyak keuntungan, termasuk penurunan 54 persen dalam tingkat inventory holding requirements, penurunan 40 persen biaya distribusi, peningkatan 43 persen dalam tingkat layanan untuk gerai, dan peningkatan produktivitas 15 persen, yang terjadi hanya dalam satu minggu setelah penerapan solusi Slotting Optimization dari Manhattan.

Kanmo Group mendapatkan kendali yang lebih besar atas proses pergudangannya berkat Manhattan Associates. Kanmo Group (sebelumnya PT Multitrend Indo) adalah salah satu retailer lokal lain yang telah berhasil mengirimkan barang untuk konsumen selama bertahun-tahun berkat Manhattan dan telah menikmati manfaat operasional yang tak terhitung banyaknya sejak mengimplementasikan Manhattan's.net Native Warehouse dan solusi manajemen distribusi (Distribution Management) dari Manhattan SCALE ™.

"Tidak hanya telah mengatasi beberapa tantangan utama dalam hal prosedur manajemen gudang, solusi-solusi Manhattan bagi Kanmo Group juga secara signifikan telah meningkatkan produktivitas dan berdampak positif pada profit yang dihasilkannya," ujarnya.

Secara luar biasa, Kanmo Group meningkatkan tingkat akurasi persediaannya dari 88 persen menjadi 99,8 persen setelah menerapkan solusi-solusi Manhattan. Tidak hanya ini berdampak positif pada tingkat produktivitas, itu juga memastikan Kanmo Group dapat menanggapi permintaan pelanggan secara real-time.

"Setelah penerapan solusi Manhattan tersebut, Kanmo Group dapat langsung bergerak cepat dalam melakukan kegiatan-kegiatan promosi di gerai-gerainya, terlebih lagi pada masa hari raya/peak season," tambahnya lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement