Senin 25 Jun 2018 20:14 WIB

Semen Gresik Lepas 500 Pemudik Balik Tujuan Kalimantan

Program ini telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Budi Raharjo
Pemudik menggunakan kapal milik PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah. (ilustrasi)
Foto: Antara/R. Rekotomo
Pemudik menggunakan kapal milik PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sedikitnya 500 pemudik yang akan kembali ke berbagai kota asal di pulau Kalimantan mendapatkan fasilitas balik gratis dari PT Semen Gresik. Mereka diberangkatkan dari Pelabuhan Laut Tanjung Emas Semarang, Senin (25/6).

Pelepasan para pemudik yang akan kembali dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) Semen Gresik, Mukhamad Saifudin, bersama Kepala Cabang PT Pelni (Persero) area Semarang, Lamson Ompusunggu. Menurut Saifudin, ke-500 orang yang akan kembali dari Jawa ini merupakan pemudik tujuan Kumai dan Sampit. Mereka diberangkatkan dalam dua gelombang.

Masing- masing 250 pemudik tujuan Sampit dengan KM Leuser dan diberangkatkan pukul 10.00 WIB. "Sedangkan 250 pemudik tujuan Kumai diberangkatkan dengan KM Dharma Kencana pukul 23.59 WIB," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, program Balik Lebaran Gratis bersama Semen Gresik ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Program ini telah dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan tujuan guna mendukung mudik dan balik lebaran masyarakat.

Program ini juga dimaksudkan untuk mengurangi angka kecelakaan yang cenderung tinggi. Khususnya untuk mudik dengan kendaraan bermotor di jalan raya.

“Selain itu, tentunya juga untuk meringankan beban masyarakat, karena biaya transportasi adalah salah satu unsur biaya terbesar selain beberapa biaya lain yang harus dikeluarkan masyarakat saat mudik dan balik Lebaran,” tandasnya.

Saifudin menambahkan, perjalanan para pemudik menggunakan transportasi laut ini akan menempuh perjalanan selama 28 hingga 30 jam. Kapal akan bersandar di Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai.

Untuk melengkapi perjalanan peserta, Semen Gresik telah menyiapkan goodie bag yang berisi kaos, obat-obatan, snack, dan makan besar selama perjalanan di kapal. Sedangkan untuk melaksanakan program tahunan ini, Semen Gresik telah menyalurkan lebih dari Rp 150 juta.

Kegiatan Balik Lebaran Gratis Semen Gresik ini juga menjadi bagian dari Program Mudik Gratis PT Semen Indonesia Group. Di mana, program Mudik Gratis PT Semen Indonesia tahun ini memberangkatkan total 4.500 orang peserta mudik gratis.

Masing- masing terdiri dari 1.000 orang pemudik dengan menggunakan angkutan bus dan 3.500 pemudik dengan kapal laut dengan tujuan berbavai daerah di tanah air. Untuk mensukseskan keviatan ini, PT Semen Gresik bekerjasama dengan PT Pelni cabang Semarang dan PT Pelindo III, yang ketiganya merupakan perusahan BUMN.

Pelaksanaan Balik Lebaran Gratis ini merupakan wujud komitmen BUMN dalam menjalankan operasi perusahaan yang berlandaskan Triple Bottom Line (Profit, People, Planet). "Artinya bahwa perusahaan tidak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan," lanjut Saifudin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement