Rabu 20 Jun 2018 17:59 WIB

Arus Balik di Stasiun Daop 3 Cirebon Kembali Meningkat

Meski meningkat, jumlahnya tak sampai melebihi penumpang arus balik Senin (18/6) lalu

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Stasiun Cirebon
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Stasiun Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki hari terakhir libur lebaran, arus balik penumpang kereta api (KA) di stasiun-stasiun wilayah Daop 3 Cirebon kembali meningkat dibandingkan hari sebelumnya, Rabu (20/6). Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro menyebutkan, jumlah penumpang KA yang berangkat dari stasiun-stasiun Daop 3 Cirebon pada Rabu (20/6) pukul 00.00 hingga 16.30 WIB mencapai 10.528 orang.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan sepanjang Selasa (19/6) yang mencapai 10.397 orang. "Hari ini jumlahnya meningkat dibandingkan hari kemarin," ujar Krisbiyantoro, Rabu (20/6).

Krisbiyantoro memperkirakan, hingga nanti malam, jumlah penumpang KA arus balik di stasiun-stasiun Daop 3 Cirebon mencapai 10.700 orang. Meski meningkat, namun jumlah itu tidak sampai melebihi jumlah penumpang arus balik pada Senin (18/6), yang dinyatakan sebagai puncak arus balik lebaran.

Sebelumnya, PT KAI Daop 3 Cirebon menyatakan puncak arus balik sudah terjadi pada Senin (18/6) kemarin. Saat itu, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiuin-stasiun wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 10.953 orang. Jumlah tersebut paling tinggi dibandingkan jumlah penumpang KA pascalebaran Idul Fitri.

Pada Selasa (19/6), jumlah penumpang KA arus balik di stasiun-stasiun Daop 3 Cirebon sempat turun menjadi 10.397 orang. Namun, jumlah itu kembali meningkat pada Rabu (20/6). Krisbiyantoro menilai, meningkatnya kembali jumlah penumpang KA pada Rabu (20/6) dibandingkan Selasa (19/6) itu karena Rabu (20/6) merupakan hari terakhir libur lebaran bagi kebanyakan pegawai.

Pada Kamis (21/6), para pegawai terutama di instansi pemerintah sudah kembali masuk kerja. "Jadi mereka harus bisa sampai di tempat kerja sebelum esok hari," kata Krisbiyantoro.

Hal itu diakui salah seorang penumpang KA yang berangkat dari Stasiun Cirebon, Mutia Zakiyah. Dia mengaku kembali ke Jakarta hari ini karena besok sudah mulai kembali bekerja. "Liburannya sudah berakhir. Besok kembali kerja," tandas Mutia. N lilis sri handayani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement