Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Starbucks akan Tutup 150 Gerai di AS

Rencana ini membuat saham Starbucks turun dua persen

Rep: Idealisa Masyrafina
Starbucks
Reuters Starbucks

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Starbucks Corp memperkirakan pertumbuhan penjualan lebih lambat dari perkiraan pada kuartal pertama tahun ini. Kedai kopi asal Amerika Serikat (AS) tersebut berencana untuk menutup sekitar 150 gerainya di AS pada tahun fiskal mendatang.

Sponsored
Sponsored Ads

Penutupan gerai ini untuk meningkatkan kinerja Starbucks. Proyeksi ini membuat saham Starbucks turun 2 persen.

Jaringan kopi terbesar di dunia ini sedang menghadapi persaingan, baik dari kedai kopi kelas atas dan jaringan makanan cepat saji dengan harga lebih rendah seperti McDonald's Corp dan Dunkin Donuts.

Scroll untuk membaca

Perusahaan mengantisipasi pertumbuhan bersih toko baru yang lebih rendah di AS untuk tahun fiskal 2019 dan mengatakan akan mengatasi preferensi konsumen yang berubah dengan cepat dengan memperkenalkan minuman dingin baru seperti minuman buah naga dan mangga serta berfokus pada tren kesehatan dan kebugaran yang meningkat.

Direktur eksekutif sekaligus co-founder Starbucks, Howard Schultz mengatakan pada awal bulan ini bahwa dia akan mundur dari perusahaan pada tanggal 26 Juni. Pada April lalu, Schultz bekerja bersama CEO Kevin Johnson untuk membantu membatasi kerusakan pada citra perusahaan setelah insiden profiling rasial yang melibatkan penangkapan dua pria kulit hitam di sebuah cabang di Philadelphia.

Starbucks mengatakan pihaknya memperkirakan penjualan global akan naik satu persen pada kuartal ketiga. Angka tersebut di bawah kenaikan yang diperkirakan oleh para analis sebesar tiga persen.

"Beberapa peningkatan biaya kami adalah investasi yang sesuai untuk masa depan, kinerja kami baru-baru ini tidak mencerminkan potensi dari merek kami yang luar biasa dan tidak dapat diterima," kata CEO Kevin Johnson dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters, Rabu (20/6).

Secara historis, perusahaan yang berbasis di Seattle ini sudah menutup sekitar 50 toko setahun terakhir. Namun, di sisi lain Starbucks mengatakan akan membuka lebih banyak toko di bawah penetrasi pasar dan mengeksplorasi opsi strategis untuk lisensi toko yang dioperasikan perusahaan.

Cina adalah penggerak pertumbuhan terbesar perusahaan dengan penjualan toko yang sama naik 4 persen pada kuartal yang dilaporkan terakhir. Perusahaan juga mengatakan akan memotong biaya umum dan administrasi dengan rencana untuk bermitra dengan konsultan eksternal untuk mempercepat proses.

Pada awal Mei, Nestle yang berbasis di Swiss mengatakan akan membayar Starbucks 7,15 miliar dolar AS untuk hak eksklusif menjual kopi dan teh Starbucks. Kerja sama itu membebaskan Starbucks untuk fokus pada peningkatan bisnis kafe andalan AS ini.

sumber : Reuters

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>