Selasa 19 Jun 2018 00:17 WIB

Google Investasi di JD.com Senilai Rp 7,7 Triliun

Google tengah memperluas investasi di pasar Asia.

Google
Foto: AP
Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google akan menginvestasikan dananya senilai 550 juta dolar AS atau Rp 7,7 triliun ke pusat bisnis niaga elektronik Cina, JD.com. Hal ini merupakan bagian dari raksasa internet AS itu dalam memperluas kehadirannya di pasar Asia.

Rencana investasi yang diumumkan Senin (18/6) waktu setempat tersebut digambarkan sebagai salah satu bagian kemitraan kedua perusahaan. Termasuk, promosi produk-produk JD.com pada layanan belanja Google. Hal ini juga akan membantu JD.com berkembang di luar basisnya di Cina dan Asia Tenggara. Serta, membangun kehadiran yang berarti di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Saham JD.com yang tercatat di Nasdaq meningkat 2,5 persen pada Senin pagi setelah pengumuman investasi. Saat ini, harga sahamnya senilai 44,68 dolar AS.

Investor JD.com salah satunya adalah raksasa media sosial Tencent Holdings Ltd. Perusahaan ini merupakan saingan berat pemimpin pasar e-commerce Cina, Alibaba Group Holding Ltd.

"Mengingat Walmart juga memiliki hubungan dengan JD.com, saya melihat investasi ini sebagai pengetatan lebih lanjut dari aliansi Google/Walmart yang membangun kekuatan ketiga dalam e-commerce setelah Amazon dan Alibaba," kata analis Atlantic Equities, James Cordwell.

Google tengah meningkatkan investasinya di wilayah Asia, di mana kelas menengah tengah berkembang sangat pesat sementara infrastruktur di bidang ritel masih minim. Baru-baru ini, Google membeli saham Go-Jek dan seorang sumber menyebutkan Google juga tengah mengusahakan investasi di e-commerce India, Flipkart.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement