Rabu 06 Jun 2018 21:34 WIB

Kemenpar Gandeng Oleh-Oleh Artis untuk Promosi Wisata Mudik

Selebritas menjadi endorse kampanye pariwisata.

Red: Nur Aini
Kue Tart, ilustrasi
Kue Tart, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata menjalin kerja sama dengan brand oleh-oleh artis kekinian guna membantu mempromosikan program wisata mudik Lebaran di berbagai kota.

Kementerian Pariwisata meluncurkan Pesona Mudik 2018 bersama Oleh-Oleh Artis. Berbagai artis sekaligus pemilik oleh-oleh seperti Prilly Latuconsina, Fitri Carlina, Teuku Wisnu, Zaskia Sungkar, Oki Setiana Dewi, Syahrini, Ricky harun, dan Herfiza akan hadir dalam launching tersebut.

"Para selebritas ini sekaligus menjadi endorse yang luar biasa bagi kampanye pariwisata kita," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu dalam acara media gathering di Jakarta, Rabu (6/6).

Kemenpar telah menjalin kerja sama "co-branding" dengan lebih dari 100 brand, 37 brand di antaranya adalah brand oleh-oleh artis kekinian yang ikut membantu mempromosikan program wisata mudik lebaran di berbagai kota seperti Bogor, Yogyakarta, Solo, Makassar, dan kota lainnya.

Menpar mengatakan strategi media yang digencarkan adalah POSE, yakni paid, owned, social media, dan endorser. Tiga yang pertama yaitu paid media, owned media, social media dijadikan satu, yang dinamakan convergence media.

Sementara unsur keempat yaitu endorser punya peran yang tak kalah penting karena dalam marketing, tokoh yang berbicara harus memiliki pengaruh dan menjadi unsur penting. Program yang dinamakan Pesona Mudik 2018 ini merupakan bentuk co-creation dalam kerja sama co-branding. Ada pun tiga tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendongkrak brand Wonderful Indonesia di pasar global dan brand Pesona Indonesia di pasar domestik dalam menopang terwujudnya sektor pariwisata sebagai penggerak perekonomian nasional.

Kedua, mengembangkan penetrasi pasar dengan memanfaatkan jaringan pasar yang dimiliki oleh brand/perusahaan baik di pasar domestik maupun global.

Ketiga, dengan kerja sama co-branding itu akan menekan biaya promosi yang substansial karena dengan bermitra maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama. "Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar. Dengan peran media dan endorser, berkolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan `bigger-broader-better-together," kata Menpar.

Secara bersamaan, di Gedung Sapta Pesona selama dua hari (6-7 Juni 2018) juga diselenggarakan bazar oleh-oleh artis bekerja sama dengan BRI dan Rumah Zakat.

Beberapa brand oleh-oleh artis yang akan meramaikan bazar ini adalah Gigieat Cake, Really Cake, Bebely Cake, Princess Cake, Bandung Kunafe, Cirebon Kelana, Bogor Rain Cake, Batik Trusmi, Solovely Cake, dan sebagainya. Pada bazar ini dan selama mudik, BRI akan memberikan promo menarik pada setiap pembelian baik saat bazar maupun di outlet.

Selain itu, setiap transaksi sekaligus akan dialokasikan untuk sedekah yang akan dikompilasi oleh Rumah Zakat. Berbagai aktivasi terutama di media sosial dan program promo akan dilakukan di outlet-outlet brand oleh-oleh artis selama kegiatan mudik nanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement