REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, terus memaksimalkan pelayanan prima. Pengelola menyediakan fasilitas mobile check-in di Terminal 1C menjelang arus mudik Lebaran 2018.
Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Erwin Revianto mengatakan, PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan, menjelang arus mudik lebaran seperti saat ini, sudah menjadi hal yang umum bandara akan menjadi padat. "Frekuensi penumpang akan meningkat tajam,” kata dalam keterangan resmi di Tangerang, Ahad (3/6).
Karena itu, PT AP II berupaya mengurai kepadatan. “Kami menawarkan kepada penumpang untuk menggunakan fasilitas mobile check-in," katanya.
Ia menjelaskan mobile check-in adalah layanan digital modern yang mirip dengan self check-in. Mobile check-in dioperatori oleh customer service mobile.
Petugas perempuan membawa mesin printer dan sebuah gadget. Mereka bertugas di selasar atau crubside Terminal 1C dan juga dapat ditemui di counter check-in.
"Para customer service ini akan menawarkan kepada penumpang untuk check-in dengan mesin yang dibawa oleh mereka. Tujuannya agar tidak antre dan lebih mempercepat proses dari cara konvensional," terang Erwin.
Setelah melakukan check-in menggunakan mobile check-in, penumpang yang tidak membawa bagasi dapat melanjutkan ke security check point (SCP) dua atau pemeriksaan ke dua, untuk langsung menuju ke boarding longe. "Namun, bagi penumpang yang membawa bagasi dapat menggunakan self baggage drop atau dapat langsung menuju konter khusus dropping bagasi yang disediakan maskapai," ujar Erwin.