Jumat 11 May 2018 16:10 WIB

6 Cara Ampuh Ajarkan Anak Mengelola Keuangan

Salah satu metode yang menarik adalah dengan bermain sambil belajar

Anak bermain (ilustrasi)
Foto: Flickr
Anak bermain (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,Keterampilan mengelola keuangan bukanlah hal yang bisa dipelajari ataupun dipraktikkan dalam waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, juga didikan yang tepat untuk dapat mengelola keuangan secara terampil.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengajarkan si kecil mengenal uang sedini mungkin agar berguna untuk masa depannya kelak. Buat anak Anda terbiasa mengatur keuangan sejak dini.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda tempuh sebagai orangtua untuk mulai mengedukasi si kecil mengenal uang dan menghargainya, seperti dikutip dari Cermati.com.

Bermain Sambil Belajar

Belajar mengenal uang bisa menjadi menyenangkan bagi anak jika Anda menggunakan metode yang tepat, salah satu metode yang menarik adalah dengan bermain sambil belajar. Anak akan lebih mudah memahami dan mengingat yang ia pelajari jika Anda mengajarkannya lewat permainan, contohnya bermain monopoli.  

Melalui permainan ini, Anda dapat mengenalkan uang dengan menyenangkan, juga mengajarkan anak untuk berhemat dan menentukan prioritas dalam memakai uangnya.

Celengan vs Rekening

Cara lain yang tak kalah menyenangkan adalah dengan menabung. Anda dapat mengajarkan cara menabung melalui celengan maupun tabungan.

Ajarkanlah cara menabung sedini mungkin, dimulai dari menghadiahkan anak sebuah celengan dengan bentuk yang lucu dan warna-warni. Dengan cara ini, anak Anda akan lebih tertarik untuk menabung.

Saat anak mulai beranjak remaja, sebaiknya Anda mulai membantu anak-anak Anda untuk membuka rekening bank sendiri. Jangan lupa untuk mengedukasi anak tentang bunga dan sistem keuangan yang bekerja pada perbankan.

Selain itu, Anda seharusnya mengontrol dan mengarahkan anak dalam melakukan transaksi di bank dan memberitahu esensi setiap praktik yang mereka lakukan di bank.

Libatkan si Kecil dalam Bisnis

Cara lain untuk mengenalkan anak pada uang adalah dengan melibatkan anak dalam bisnis. Ini bermafaat untuk mengajarkannya prinsip-prinsip dasar dalam bisnis.

Cara ini dapat dilakukan jika Anda memiliki bisnis sendiri, bisnis apapun itu, coba biarkan si kecil untuk memegang suatu peran dalam bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis kerajinan tangan, Anda bisa ‘merekrut’ si kecil sebagai penyumbang ide ataupun sebagai pengrajin kecil.

Sambil melibatkan dalam bisnis, sebaiknya Anda menjelaskan tentang tujuan bisnis tersebut disertai cerita singkat berdirinya bisnis Anda tersebut. Hal ini bisa bermanfaat bagi anak untuk menanamkan kesadaran berbisnis dan mempraktikannya.

Juga, jangan lupa untuk memberikan gaji pada anak Anda atas kerja kerasnya. Dengan begitu, anak Anda akan mengerti bahwa untuk mendapatkan uang diperlukan kerja keras.

Belajar Mandiri Melalui Uang Jajan

Memberi uang jajan pada si kecil merupakan langkah dasar yang bisa Anda tempuh untuk mengenalkan sekaligus mengajarkannya cara mengelola keuangan sejak dini. Cara paling baik untuk tahap awal adalah dengan memberi uang jajan harian.

Ajarkan si kecil untuk mulai mandiri mengelola uang juga sekaligus berhemat. Misalnya, dengan sejumlah uang jajan yang diberikan, si kecil harus mampu mengatur berbagai pengeluaran untuk kebutuhannya dari sejumlah uang yang diberikan padanya.

Jika sudah terlaksana dengan baik, mulai percayakan si kecil untuk mengelola uang jajannya secara mingguan. Cara ini efektif untuk mendidiknya lebih berhati-hati menggunakan uang dan lebih menghargai uang.

Biasakan si Kecil Bayar Sendiri

Ajaran tentang nominal uang di sekolah tidaklah cukup untuk membekali si kecil dalam praktiknya di dunia nyata. Anda bisa mengajak si kecil untuk mempraktikkan secara langsung dalam sehari-hari tentang apa yang telah ia pelajari di sekolah.

Caranya? Saat bertransaksi di kasir sebuah toko maupun supermarket, biarkan si kecil memilih barang keinginannya dan berikan sejumlah uang. Biarkanlah si kecil untuk melakukan transaksi sendiri.

Ingatkan juga si kecil untuk teliti menghitung uang kembalian yang diterima, tentunya dalam pengawasan Anda juga.

Ajarkan Berbagi

Anda dapat sekaligus mengajarkan si kecil tentang berbagi dengan sesama terutama yang membutuhkan. Sebaiknya Anda mengenalkan cara-cara berbagi kepada sesama yang bisa juga dalam bentuk uang.

Ajarkan bahwa memberi bantuan materi kepada yang membutuhkan menunjukkan bahwa berbagi dan peduli sesama itu penting dilakukan. Selain itu, si kecil juga akan belajar memahami fungsi penting uang dan menjadi tidak tamak.

Bekali si Kecil untuk Masa Depannya

Anda sudah mengetahui beberapa cara mengenalkan uang pada anak dan mendidik si buah hati dengan baik. Tapi ingat, bahwa si kecil jugalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Anda sebagai orangtua bertugas membimbing, juga mengajarkan si kecil dengan baik untuk bekalnya kelak.

Bila si kecil sudah andal dalam keuangan sejak usia dini, maka di masa mendatang hidupnya akan lebih terorganisir dalam urusan keuangan dan selangkah lebih mudah menggapai sukses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement