Selasa 24 Apr 2018 13:51 WIB

PGN Perbaiki Pipa Bocor di Bekasi

Pipa gas bocor diduga akibat kegiatan pemancangan proyek jalan tol di Bekasi.

Teknisi PGN memeriksa aliran pipa gas (ilustrasi).
Foto: pgn
Teknisi PGN memeriksa aliran pipa gas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) langsung memperbaiki pipa gas bumi, yang mengalami kebocoran, di Jalan Raya Bekasi, Cakung Timur, Jakarta Timur, pada Senin (23/4) sore. Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama dalam rilis di Jakarta, Selasa (24/4) mengatakan setelah mendapatkan informasi kebocoran pipa gas, yang diduga akibat kegiatan pemancangan proyek jalan tol di Jalan Raya Bekasi, Cakung Timur, pada Senin (23/4) pukul 15.00 WIB, Tim Penanggulangan Gangguan (TPG) PGN langsung menjalankan prosedur pengamanan sesuai prosedur tanggap darurat.

"Langkah pertama adalah menghentikan sementara aliran gas bumi kepada pelanggan yang terkena dampak kebocoran tersebut," katanya.

Kemudian, lanjutnya, berkoordinasi dengan instansi terkait seperti muspika, kepolisian, pemadam kebakaran, rumah sakit dan masyarakat sekitar juga dilakukan dengan cepat. Sehingga PGN mampu melakukan sterilisasi dengan radius 100 meter dari titik kebocoran, termasuk mematikan seluruh sumber panas seperti mesin kendaraan maupun alat berat.

Langkah berikutnya yang dilakukan TPG PGN, menurut Rachmat, adalah mendirikan barikade sekaligus perbaikan keran yang telah diselesaikan Selasa pukul 02.10 WIB. Upaya menutup lubang tersebut dilakukan nonstop dengan target kendaraan umum dan mobil pribadi bisa melalui Jalan Raya Bekasi pada pukul 04.45 WIB.

"Selasa pagi ini, tim PGN masuk kembali untuk melakukan penyambungan pipa gas yang terkena sheet pile. Kontraktor proyek tol akan membantu mencabut sheet pile dan melakukan galian open cut sepanjang pipa yang crossing tersebut," kata Rachmat.

Penyambungan pipa gas dijadwalkan selesai Selasa sore dan kemudian dilanjutkan dengan pengelasan sambungan pipa pada malam hari sampai Rabu (25/4) pagi. "Jadi malam ini sampai besok pagi, ruas Jalan Raya Bekasi akan ditutup sementara kembali demi keamanan. Diharapkan, setelah itu, pekerjaan perbaikan pipa PGN selesai dan pasokan gas untuk pelanggan bisa normal kembali," jelasnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement