Ahad 15 Apr 2018 12:55 WIB

Daop 2 Aloksikan Kereta Tambahan Mudik Capai 25.560 Kursi

Kereta api tambahan itu yang akan dijual setiap hari mulai Senin (1/4).

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
  Suasana arus mudik calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Suasana arus mudik calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (1/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Minat masyarakat untuk mudik lebaran menggunakan transportasi kereta api (KA) cukup tinggi. Hal itu terlihat, dari pemesanan tiket yang sudah habis hanya beberapa jam saja.

Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus, agar semakin banyak masyarakat yang terlayani maka DAOP 2 mengalokasikan 2.184 tempat duduk KA Tambahan Lebaran. Kereta api tambahan itu yang akan dijual setiap hari. Daop 2 Bandung akan membuka layanan penjualan tiket kereta tambahan, mulai Senin (16/4) 2018.

"Secara total ada 25.560 tempat duduk KA Tambahan Lebaran yang akan dijual selama masa Angkutan Lebaran 2018," ujar Joni kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Menurut Joni, pemesanan sudah bisa dilakukan pada Senin (16/4) pukul 00.01 WIB di semua channel pemesanan tiket kereta api. Baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Joni menjelaskan, KA Tambahan Lebaran yang berangkat dari Daop 2 ada 4 kereta. Yakni, pertama KA Lodaya Pagi Tambahan relasi Bandung - Yogyakarta - Solo, jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung pada pukul 09.35 WIB, beroperasi selama 7 hari mulai tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2018.

Kedua, kata dia, KA Lodaya Malam Tambahan relasi Bandung - Yogyakarta - Solo, jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung pada pukul 20.20 WIB. Beroperasinya, selama 10 hari mulai tanggal 7 Juni hingga 16 Juni 2018.

Ketiga, kata Joni, KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong - Surabaya, jadwal keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.45 WIB. Beroperasinya, selama 18 hari mulai 8 Juni hingga 25 Juni 2018.

Terakhir, dia mengatakan, KA Kutojaya Selatan Tambahan relasi Kiaracondong - Kutoarjo, jadwal keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 23.30 WIB. Beroperasinya, selama 10 hari mulai 11 Juni hingga 20 Juni 2018.

Joni berpesan, agar masyarakat yang ingin mudik Lebaran benar-benar memanfaatkan KA Tambahan Lebaran ini. Karena untuk kereta api reguler, pada tanggal-tanggal favorit mulai H-3, rata-rata pemesanannya sudah mencapai 100 persen. Namun, pada hari-hari keberangkatan lainnya, masih banyak tiket yang tersedia. "Kami berharap agar masyarakat mengatur keberangkatannya dengan matang. Masyarakat bisa membeli tiket mudik di luar hari-hari favorit," kata Joni.

Pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, kata dia, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement