Senin 09 Apr 2018 13:03 WIB

Mentan: Pertanian tak Cuma Beras

Amran menilai di bawah pemerintahan Jokowi-JK pertanian maju.

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman
Foto: RepublikaTV/Fian Firatmaja
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian menekankan jika sektor pertanian bukan hanya beras. Ada 400 komoditas yang masuk dalam kategori pertanian. "Jangan melihat hanya beras. Beras itu bagian kecil dari pertanian," ujar dia, Senin (9/4).

Menurut Arman, selain beras, komoditas pertanian khususnya pangan memiliki catatan baik. Salah satunya peningkatan ekspor hingga 24 persen.

Beberapa komoditas tersebut yakni ayam, jagung dan bawang merah yang sebelumnya justru adalah produk impor. Untuk jagung misalnya, kata dia, dulu Indonesia mengimpor hingga Rp 10 triliun."Sekarang sudah ekspor, rencana tahun ini 500 ribu ton," ujar dia.

Kendati demikian, beras masih menjadi perhatian. Pemanfaatan lahan tadah hujan dan lahan rawa dengan teknologi diharapkan mampu meningkatkan produksi padi di tanah air. Indeks pertanaman yang sebelumnya hanya satu ditargetkan bisa mencapai IP3 dengan diterapkannya teknologi.

Dengan pertumbuhan penduduk yang mencapao 12,8 juta pada saat ini diperlukan 1,7 juta ton beras untuk memenuhi kebutuhan pangannya."Dibawah kepemimpinan Jokowi-JK pertanian maju karena diapresiasi FAO dan PBB," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement