Jumat 06 Apr 2018 17:32 WIB

Raksasa Mal Filipina akan Bangun Toko Ikea Pertama

Ikea pertama di Filipina akan dibangun di kompleks Mall of Asia milik SM Prime.

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah
IKEA. Ilustrasi
Foto: Foxnews
IKEA. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Pengembang pusat perbelanjaan terbesar di Filipina, SM Prime Holdings Inc, akan membangun toko Ikea pertama di sana. Ini merupakan realisasi kerja sama SM Prime dengan perusahaan mebel dan perabot rumah tangga asal Swedia tersebut.

Wakil Presiden SM Prime Holding Inc, Alex Pometo mengatakan, toko Ikea pertama di Filipina itu akan dibangun di kompleks Mall of Asia milik SM Prime di Manila. Lokasinya akan berada di antara gedung konvensi dengan area olah raga. Ikea akan menyewakan propertinya untuk tempo panjang.

SM Prime sendiri tak punya hak eksklusifitas, tapi pembicaraan soal penggunaan properti akan dibicarakan. "Ikea adalah perusahaan ritel yang unik dan kami ingin perusahaan internasional ini berlokasi di salah satu properti kami," kata Pometo seperti dikutip Bloomberg, Jumat (6/4).

Kehadiran Ikea akan jadi pusat kerumunan baru bagi masyarakat Manila setelah Mall of Asia. Berdasakan data yang disampaikan analis AP Securities, Mia Respicio, pengunjung Mall of Asia mencapai setidaknya 200 ribu orang per hari. Di seluruh Filipina, jaringan mal SM Prime mampu menarik 3,5 juta orang dalam sehari.

Ikea lahir ada 1943 di selatan Swedia. Namun, terobosan besar Ikea muncul pada 1956 saat Ikea menjadi pelopor furnitur susun pasang. Di Swedia saja, Ikea kini sudah memiliki sekitar 400 toko. Sebagian besarnya adalah mal perabot yang juga gudang yang berlokasi di luar kota. Nyaris satu miliar orang mengunjungi toko-toko itu sepanjang 2017.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement