Senin 02 Apr 2018 12:00 WIB

Alibaba Akuisisi Startup Pengiriman Daring Ele.me

Alibaba sebelumnya telah memiliki 43 saham beredar Ele.me

Alibaba Grup (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Alibaba Grup (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU, CINA  -- Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA, "Alibaba") hari ini mengumumkan akan mengakuisisi seluruh saham beredar Ele.me, platform layanan pengiriman online terkemuka di Cina, dengan total transaksi mencapai sekitar USD 9,5 miliar. Alibaba dan afiliasinya, Ant Small dan Micro Financial Services Group Co., Ltd., sebelumnya telah memiliki sekitar 43 persen saham beredar Ele.me.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan, "Kami sangat senang dapat menjadikan Ele.me sebagai bagian dari keluarga besar Alibaba. Ele.me berhasil menguasai pangsa pasar yang signifikan di sektor pengiriman makanan daring di pasar Cina. Kedua instansi memiliki keyakinan kalau strategi 'New Retail' akan memberikan nilai lebih kepada konsumen."

Layanan pengiriman lokal dari Ele.me akan memperkuat layanan pengiriman makanan sebagai bisnis intinya untuk menghadirkan lebih banyak produk dan layanan. Akuisisi ini akan memungkinkan Ele.me untuk meningkatkan kapabilitas tim pengirim dalam melayani konsumen di seluruh penjuru Cina.

Ele.me juga telah terintegrasi dengan Koubei, salah satu layanan dari Alibaba. "Akuisisi ini mengindikasikan, kami berhasil menjadikan Ele.me sebagai salah satu startup teknologi yang paling bernilai di Tiongkok," kata pendiri Ele.me Zhang Xuhao menambahkan.

Meski telah diakuisisi oleh Alibaba, Ele.me tetap beroperasi seperti biasa. Alibaba akan menyediakan dukungan penuh, termasuk akses terhadap infrastruktur New Retail-nya, beragam produk dan kapabilitas teknologi.

Begitu proses akuisisi ini rampung, Zhang Xuhao akan menjadi Chairman Ele.me dan dewan penasihat strategi New Retail untuk CEO Alibaba. Sementara Vice President Alibaba Group Wang Lei akan menjabat CEO Ele.me. Wang bergabung dengan Alibaba pada 2003 dan telah mengisi berbagai posisi senior di bisnis ecommerce, B2B, O2O, dan perawatan kesehatan Alibaba.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement