Sabtu 24 Mar 2018 05:10 WIB

5.000 Jargas akan Dibangun di Deliserdang

Jargas dipergunakan bagi masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Tanjung Morawa.

Petugas PGN melakukan pengecekan berkala terhadap jaringan pipa PGN dengan menggunakan alat Laser Minimetan di Kawasan Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (13/3).
Foto: M N Kanwa/Antara
Petugas PGN melakukan pengecekan berkala terhadap jaringan pipa PGN dengan menggunakan alat Laser Minimetan di Kawasan Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah akan membangun lima ribu jaringan gas rumah tangga di sejumlah daerah di Kecamatan Tanjung Morawan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Kabag Perekonomian pemkab Deliserdang Putra Jaya Manalu mengatakan, pembangunan jaringan itu merupakan wujud dari MoU antara Pemkab Deliserdang dengan Ditjen Minyak dan Gas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tentang penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jaringan untuk rumah tangga di Deliserdang.

"MoU itu merupakan bentuk sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dalam rangka penyediaan kebutuhan energi masyarakat," katanya.

Nantinya jaringan gas dipergunakan bagi masyarakat di beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Tanjung Morawa. Seperti Kelurahan Pekan Tanjung Morawa, Desa Tanjung Morawa A, Desa Tanjung Morawa B, Desa Dagang Kerawang, Desa Wonosari, Desa Tanjung Baru, Desa Punden Rejo dan Desa Perdamaian.

"Memang baru Kecamatan Tanjung Morawa saja dulu. Itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim dari kementerian, karena pipa induknya berada di dekat Kawasan KIM Tanjung Morawa, jadi tahap pertama ini hanya baru desa yang berada di seputaran KIM," katanya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Deliserdang Zainuddin Mars juga memberikan surat permohonan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Plt Direktur Jendral Migas Ego Syahrial untuk penambahan pemasangan jaringan gas bumi sebayak 25 ribu jaringan gas. Penambahan ini rencananya dilakukan pada 2019 dan 2020.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement