Sabtu 24 Feb 2018 20:03 WIB

Kemenhub Sekolahkan Kembali Pilot tak Dapat Kerja

Baru 400 dari 1.000 pilot pemula yang mendapatkan kerja.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini
Menhub Budi Kara Sumadi berada di Bandara Budiarto, Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (24/2) untuk menyampaikan program padat karya dam sekolah pilot.
Foto: Rahayu Subekti/Republika
Menhub Budi Kara Sumadi berada di Bandara Budiarto, Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (24/2) untuk menyampaikan program padat karya dam sekolah pilot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan menyekolahkan kembali pilot pemula yang belum mendapatkan pekerjaan. Tahun lalu, sebanyak seribu pilot pemula menganggur dan saat ini baru 400 pilot yang sudah mendapatkan pekerjaan.

"Kita tahu ada beberapa pilotnya yang belum berkesempatan untuk bekerja. Oleh karenanya kita sekolahkan kembali dengan harapan mereka itu bisa lebih baik lagi," kata Budi saat mengunjungi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (24/2).

Meskipun begitu, Budi juga ingin memastikan bagaimana konsistensi sekolah tersebut memberikan pendidik yang berkualitas untuk para calon pilotnya. Budi menegaskan pihaknya sudah menerima kesiapan STIP untuk mencetak pilot berkualitas agar tidak menambah jumlah pilot yang belum mendapatkan pekerjaan.

Dari 600 pilot pemula yang belum mendapatkan pekerjaan, Kemenhub menyeleksi 40 pilot yang bisa disekolahkan kembali tanpa dipungut biaya. "Untuk 40 itu yang kita didik. Insya Allah bisa berjalan dengan baik," ungkap Budi.

Dari jumlah pilot tersebut, Budi menuturkan ada beberapa yang sudah mendapatkan kepastian kembali mendapatkan pekerjaan. Sebanyak 20 orang dipastikan sudah bisa bekerja dan masuk sebagai pilot dari maskapai Lion Air Group.

Baca juga: Menhub Sebut 400 Pilot Pemula Sudah Dapat Kerja

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement