Sabtu 24 Feb 2018 20:02 WIB

Menhub Sebut 400 Pilot Pemula Sudah Dapat Kerja

Tahun lalu, 1.000 pilot pemula susah dapat kerja.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini
Ilustrasi Pilot Pesawat
Foto: pixabay
Ilustrasi Pilot Pesawat

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini sudah akan perkembangan mengenai pilot pemula yang mencari pekerjaan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat pada tahun lalu sekitar seribu pilot pemula yang belum mendapatkan pekerjaan.

Meski belum setengahnya bekerja, Budi mengatakan sudah banyak pilot pemula yang mendapatkan pekerjaan. "Sekarang sudah 400 pilot pemula di antaranya yang sudah mendapatkan pekerjaan," kata Budi saat mengunjungi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (24/2).

Budi mengakui sangat menyayangkan kondisi tersebut karena masih banyak pilot pemula di Indonesia yang belum mendapatkan pekerjaan. Dia mengatakan paham betul bagaimana perasaan orang tua yang sudah menyekolahkan anaknya tetapi cita-citanya sebagai pilot belum bisa diwujudkan.

Meskipun begitu, Budi mengakui ada penyebab yang membuat banyaknya pilot pemula di Indonesia belum mendapatkan pekerjaan. "Yang daftar ini banyak tapi yang lolos sedikit. Ini pasti terjadi kesenjangan kompetensi karena belum memenuhi kualifikasi standar pilot," ungkap Budi.

Untuk itu, Budi mengambil tindakan untuk lebih selektif lagi bagi sekolah-sekolah penerbangan baik swasta atau negeri. Dia juga memutuskan untuk menutup 20 sekolah penerbangan pada tahun lalu karena tidak efektif dan justru semakin menambah pilot pemula belum mendapatkan pekerjaan.

Budi meyakinkan pihaknya akan membantu untuk merekomendasikan pilot pemula kepada maakapai penerbangan yang membutuhkan. Hanya saja dengan catatan, Budi menginginkan pilot pemula bisa belajar dengan baik dan berkualitas dan menujukkan kemampuan yang memenuhi standar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement