Kamis 15 Feb 2018 20:14 WIB

Mentan: Kebutuhan Protein Rakyat Indonesia Sudah Tercukupi

Mentan berharap masyarakat selalu menggunakan pangan dalam negeri.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Citra Listya Rini
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.
Foto: republika/silvy dian
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan, kebutuhan protein untuk rakyat Indonesia sudah cukup. Dengan begitu, tidak perlu impor makanan berprotein dari luar negeri.

"Kemarin ada Brasil mau impor ke Indonesia, lalu saya katakan kami sudah ekspor ke enam negara untuk ayam. Berarti tersedia protein cukup untuk negeri kita. Persediaan melimpah," kata Amran di Makassar, Kamis (15/2).

Tidak hanya ayam, Amran menyebutkan, Indonesia juga sudah mengekspor telur ke beberapa negara. "Ikan kita pun melimpah," kata Amran menambahkan.

Persoalannya sekarang yakni, kata Amran, bagaimana mengedukasi masyarakat supaya hidup sehat dengan makanan yang mengandung gizi berimbang. Pasalnya, makan harus sesuai kebutuhan dan bukan hanya sesuai keinginan.

Amran juga berpesan masyarakat selalu menggunakan pangan dalam negeri. "Alasannya pertama karena fresh sebab langsung petik dan dikonsumsi, kedua meningkatkan kesejahteraan petani, ketiga sehat," ujar Amran.

Terakhir, kata Amran, dengan menggunakan produk dalam negeri membawa kebanggaan bagi bangsa. Jadi, lanjut Amran, Indonesia bangga dengan produksinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement