Selasa 13 Feb 2018 16:24 WIB

Rambah Bisnis E-commerce, Garuda Gandeng JD.ID

JD.ID akan menggunakan jasa kurir Garuda Express.

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nur Aini
Pesawat Garuda Indonesia menunggu jadwal perawatan dan perubahan konfigurasi kursi penumpang di Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) Bandara Soekarno Hatta, Banten, Ahad (23/7).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pesawat Garuda Indonesia menunggu jadwal perawatan dan perubahan konfigurasi kursi penumpang di Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) Bandara Soekarno Hatta, Banten, Ahad (23/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai nasional Garuda Indonesia merambah bisnis e-commerce dengan berkolaborasi bersama JD.ID. Direktur Marketing dan IT Nina Sulistyowati mengatakan, dalam kerja sama itu, JD.ID berkomitmen untuk menggunakan jasa kurir milik Garuda, yakni Garuda Express, dalam mendistribusikan barang pesanan ke konsumen.

"Untuk layanan door to door sampai ke rumah, kita pakai Garuda Express," kata Nina, usai acara peluncuran Garuda Shop di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Selasa (13/2).

Mengenai pemilihan JD.ID sebagai mitra, Nina menyebut Garuda sebelumnya melakukan seleksi terhadap sejumlah perusahaan e-commerce yang beroperasi di Tanah Air. Pada akhirnya, ia menyebut, perusahaan yang terafiliasi dengan JD.com tersebut dipilih karena dianggap memiliki jaringan distribusi yang kuat. Selain itu, JD.ID juga berkomitmen untuk melakukan kampanye demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan layanan Garuda Shop, yang menjual produk eksklusif serta cinderamata khas Garuda Indonesia.

"JD.ID juga bekerja sama dengan Garuda Indonesia untuk menggunakan Garuda Express. Jadi, kerja samanya menyeluruh," kata Nina.

Ia menyebut, proyek kolaborasi antara Garuda dengan JD.ID akan berlangsung selama dua tahun dan akan ditinjau setiap satu tahun. Tidak ada nilai investasi dalam kerja sama tersebut. Kegiatan pemasaran dan pengembangan web sepenuhnya dilakukan oleh JD.ID.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury menyebut, dengan memasuki bisnis e-commerce, pihaknya berusaha memberi kemudahan lebih pada pelanggan untuk mendapatkan produk eksklusif Garuda. Adapun produk yang dijual melalui JD.ID antara lain perlengkapan traveling, piyama, dan boneka eksklusif Garuda, gadget, hingga perhiasan dan peralatan kecantikan. Garuda menargetkan, penjualan produk eksklusif lewat JD.ID dapat mencapai 1 juta dolar AS dalam satu tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement