Jumat 02 Feb 2018 12:20 WIB

Indonesia Naik Peringkat Soal Kemudahan Mendapatkan Listrik

Peringkat Indonesia naik dari 91 menjadi 72.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
o.Kepala Divisi Niaga PT PLN (Persero) Yuddy Setyo Wicaksonp
Foto: PLN
o.Kepala Divisi Niaga PT PLN (Persero) Yuddy Setyo Wicaksonp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengalami kenaikan peringkat dari survey Bank Dunia terkait Ease of Doing Business (EoDB) terhadap 190 negara yang dinilai tingkat kemudahan berbisnisnya. Pada EoDB 2018, Indonesia berhasil memperbaiki layanan penyambungan listrik yang ditandai dengan naiknya peringkat dari peringkat 91 menjadi 72.

Sementara dalam kemudahan mendapatkan listrik, Indonesia berhasil menduduki peringkat 38 dari sebelumnya peringkat 49. "Untuk bisa meningkatkan peringkat dan menambah kemudahan berbisnis kedepan kami melakukan langkah strategis untuk bisa mempermudah pelanggan dalam mengakses listrik," ujar Kepala Divisi Niaga PT PLN (Persero) Yuddy Setyo Wicaksono, Jumat (2/2).

Yuddy menjelaskan untuk tahapan pelayanan, sebelumnya, PLN memiliki 5 tahap pelayanan untuk pelanggan agar mendapatkan listrik. Pada tahun 2018 ini PLN memangkas menjadi 4 tahap.

 

Ke depan, di tahun 2019, PLN merencanakan untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan mewujudkan kemudahan dalam mendapatkan listrik dengan menyederhanakan tahap tersebut menjadi 2 tahap. Demikian juga dengan sisi waktu atau durasi pelayanan.

 

Target kita kedepan untuk pelayanan dari survey bank dunia waktu pelayanan dari 25 hari menjadi 10 hari, bahkan di tahun 2019 kita jadikan 4 hari saja langsung sambung. Pelanggan juga tidak perlu merasa terbebani dengn biaya yang harus dibayarkan di muka, karena saat ini biaya bisa dicicil dengan bunga 0 persen. ujar Yuddy.

 

Tidak hanya pelayanan, PLN juga memberikan kualitas kehandalan pasokan yang terbaik. General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad mengungkapkan bahwa di DKI Jakarta, inovasi-inovasi PLN telah dikembangkan untuk pelanggan, antara lain, Power Bank sebagai express power service yang ramah lingkungan dan efisien, Layanan Prioritas serta SPLU.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement