Senin 29 Jan 2018 07:24 WIB

Nilai Perdagangan Cina dengan ASEAN Catat Rekor Tertinggi

Cina mengalami surplus perdagangan dengan ASEAN.

Red: Nur Aini
Bendera Cina
Bendera Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Nilai perdagangan antara negara-negara yang tergabung dalam ASEAN dan Cina selama 2017 mencatat rekor tertinggi. Kementerian Perdagangan Cina (Mofcom) mencatat bahwa nilai perdagangan ASEAN dan Cina sepanjang tahun lalu mencapai 514,8 miliar dolar AS.

Angka itu menunjukkan kenaikan sebesar 13,8 persen atau lebih pesat daripada tahun sebelumnya. Nilai ekspor Cina ke beberapa negara di Asia Tenggara itu pada 2017 mencapai 279,1 miliar dolar AS atau naik sembilan persen daripada 2016. Sedangkan, impornya sebesar 235,7 miliar dolar AS atau naik 20 persen.

Cina masih tetap surplus 43,4 miliar dolar AS nilai perdagangannya dengan negara-negara ASEAN atau lebih kecil 27,4 persen dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Vietnam, Malaysia, dan Thailand masih menjadi mitra dagang terbesar bagi Cina sepanjang tahun lalu.

Vietnam merupakan negara tujan ekspor terbesar Cina, tetapi Cina mengimpor berbagai komoditas nonmigas terbanyak dari Malaysia pada 2017. Analisis Kantor Berita Xinhua menyatakan pada 2017 pula merupakan momentum bagi perdagangan luar negeri Cina sekaligus mengakhiri rendahnya nilai perdagangan yang berlangsung selama dua tahun sebelumnya yang hanya 14,2 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement