Kamis 25 Jan 2018 15:14 WIB

Saudia Airlines Capai Performa Terbaik pada 2017

Jumlah penumpang yang diangkut mencatat angka tertinggi dalam sejarahnya

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Saudi Arabian Airlines
Saudi Arabian Airlines

REPUBLIKA.CO.ID,  RIYADH -- Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, Saudi Arabian Airlines (Saudia) mencapai kinerja terbaik selama 2017. Jumlah penumpang yang diangkut pesawat maskapai ini mencatat angka tertinggi dalam sejarahnya.

Dilansir Arab News, Kamis (24/1), jumlah penumpang yang bepergian dengan Saudia naik secara signifikan. Angkanya mencapai lebih dari 32 juta melalui lebih dari 200 ribu penerbangan.

Peningkatan keseluruhan dalam operasi dan pertumbuhan total dikaitkan dengan sejumlah inisiatif di dalam perusahaan penerbangan. Pada pertengahan 2015, maskapai ini meluncurkan program transformasi, SV Strategic Plan 2020.

Program ini dirancang untuk mengembangkan kinerja operator nasional, meningkatkan efisiensi secara keseluruhan melalui investasi di pesawat modern mutakhir, produk onboard baru, dan pengembangan bakat.

Lebih dari dua juta kursi tambahan diperkenalkan ke pasar domestik tahun kemarin. Selanjutnya, jumlah penumpang yang bepergian dengan Saudia di sektor internasional tumbuh 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Secara keseluruhan, jumlah penumpang meningkat menjadi 32,16 juta orang pada 2017, meningkat delapan persen dalam satu tahun. Lebih dari 200 ribu penerbangan dioperasikan, termasuk 119 ribu penerbangan domestik, 78 ribu penerbangan internasional dan lebih dari 9.000 penerbangan untuk ibadah haji dan umrah.

Pada tahun 2017, Saudia melakukan lebih dari 530 ribu jam terbang ke 90 tujuan domestik dan internasional. Jumlahnya meningkat menjadi 100 tujuan pada musim haji.

Segmen lalu lintas keagamaan mengalami pertumbuhan 40 persen tahun lalu dalam jumlah jamaah haji yang bepergian dengan Saudia. Ini adalah rekor pertumbuhan tertinggi dalam sejarah maskapai penerbangan tersebut.

Direktur Jenderal Saudia, Saleh bin Nasser Al-Jasser mengatakan hasil dan kinerja maskapai pada 2017 menunjukkan bagaimana perusahaan penerbangan mencapai pertumbuhan yang konsisten pada semua sisi.

Mulai dari jumlah penumpang, penerbangan, total armada pesawat dan tujuan. "Prestasi dan keberhasilan dalam kinerja operasional tahun lalu merupakan cerminan dari pertumbuhan perusahaan yang meluas, dan efisiensi operasional yang telah diimplementasikan," kata dia.

Ini menandakan transformasi SV telah berada di jalan yang benar. Al-Jasser menambahkan bahwa pencapaian tersebut hanya terkait dengan maskapai penerbangan dan tidak termasuk anak perusahaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement