Senin 01 Jan 2018 14:07 WIB

104 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuki Jakarta Hari ini

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah
Kepadatan gerbang Tol Cikarang Utama (ilustrasi)
Foto: ROL
Kepadatan gerbang Tol Cikarang Utama (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Humas PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan diperkirakan akan ada 104 ribu kendaraan yang akan melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) pada Senin (1/1). Puncak arus balik libur Tahun Baru 2018 diperkirakan terjadi pada hari ini.

"Puncak arus balik diprediksi terjadi hari ini, di mana akan terjadi peningkatan volume lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sebanyak 104 ribu kendaraan. Jumlah ini naik 48,5 persen dari lalin normal sebanyak 70 ribu ribu kendaraan," ujar Dwimawan dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Senin siang.

Sementara itu, pada periode arus balik Tahun Baru 2018 per 31 Desember 2017, Jasa Marga mencatat volume lalin arah Jakarta belum terjadi peningkatan yang signifikan. Dwimawan menjelaskan, hal tersebut dihitung dari kondisi lalin normal.

Lalin yang melalui GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta Cikampek tercatat sebanyak 65.629 kendaraan. Angka ini naik 15,14 persen dari prediksi sebanyak 57 ribu kendaraan. Namun, jumlah ini turun sebesar 23,69 persen dari lalin normal sebanyak 86 ribu kendaraan.

"Lalin yang melalui GT Cileunyi Jalan Tol Purbaleunyi volumenya tercatat sebanyak sebanyak 26.758 kendaraan. Angka ini naik sebesar 0,34 persen dari kondisi normal 26.667 kendaraan," kata Dwimawan.

PT Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi. Untuk memastikan kelancaran perjalanan, Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement