Senin 01 Jan 2018 09:08 WIB

Macron Serukan Penguatan Kerja Sama dengan Eropa

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Presiden Prancis Emmanuel Macron.
Foto: AP Photo/Thibault Camus
Presiden Prancis Emmanuel Macron.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan, 2018 adalah tahun yang menentukan. Ia pun mengatakan, kerja sama antara Prancis dan Jerman diperlukan agar Eropa dapat menjadi lebih kuat secara ekonomi dan menjadi pemimpin global yang setara dengan Cina dan Amerika Serikat.

"Eropa bagus untuk Prancis, dan Prancis tidak akan berhasil tanpa Eropa yang lebih kuat," kata Macron dalam sebuah pidato di televisi nasional pada Ahad (31/12) seperti dikutip dari Bloomberg.

Macron mengaku dialognya dengan Jerman adalah kondisi yang diperlukan bagi Eropa untuk semakin maju. Ia pun kembali menyerukan kepada pemilih Eropa untuk terlibat dalam pemilihan parlemen dalam benua biru yang akan berlangsung pada 2019.

Pernyataan pemimpin Prancis tersebut mengikuti pidato dari Kanselir Jerman Angela Merkel. Merkel mengaku akan bekerja sama dengan Prancis untuk memimpin Uni Eropa bersama.

Merkel menyebutkan visi untuk memperkuat pengaruh ekonomi Eropa dan mengendalikan migrasi. Selain itu, tetap menjunjung tinggi nilai toleransi dan pluralisme di dalam Uni Eropa dan luar negeri.

Macron meminta anggota Uni Eropa untuk berdiri bersama dan menjadi lebih berdaulat dalam waktu dekat.Pemimpin Prancis tersebut juga berjanji untuk terus maju dengan reformasi ekonomi dan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement