Senin 25 Dec 2017 16:20 WIB

Bulog: Pasokan Cabai dan Bawang Merah Sumbar Aman

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Budi Raharjo
Cabai merah (ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Cabai merah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG -- Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatra Barat memastikan pasokan bahan pangan pokok di Sumbar aman selama libur akhir tahun 2017. Stabilitas pasokan bahan pangan yang bergejolak (volatile food) lantaran sebagian besar pasokannya diproduksi di wilayah Sumbar sendiri.

Kepala Bulog Divre Sumbar Suharto Djabar menjelaskan, Sumbar telah bertransformasi menjadi sentra produksi beras, cabai merah, bawang merah, telur, daging, dan komoditas lainnya. Untuk cabai merah misalnya, meski Sumbar masih menerima pasokan dari Jawa, namun secara umum produksi cabai merah di Sumbar sendiri sudah menutup kebutuhan yang ada.

"Meski di Sumbar masih tetap menjual cabai merah dari Jawa, Medan, dan Kerinci. Tapi cabai merah lokal juga cukup banyak. Begitu juga dengan komoditi lainnya. Ini yang membuat Sumbar aman," kata Suharto, Senin (25/12).

Suharto juga menyebutkan bahwa pasokan beras di Sumbar sangat aman. Selain menyediakan pasokan cadangan beras medium, Sumbar sendiri sudah dikenal sebagai produsen beras premium jenis beras (bareh) Solok. Bahkan beras Solok sendiri juga dikirim ke daerah lain di luar Sumbar.

Sementara untuk bawang merah, selain memenuhi kebutuhan di wilayahnya, Sumbar juga mengirim produksi bawang merah ke Riau sebanyak 5 ribu kilogram. Sebagian kecil lainnya juga dikirim ke Jambi dan Bengkulu.

"Sumbar ini kaya hasil alamnya, termasuk komoditinya. Jadi, soal stok dan kebutuhan ini memang tidak perlu dikhawatirkan. Jikapun ada persoalan kenaikan harga, bukanlah penyebab ketersediaan yang menepis, mungkin hanya soal permainan pedagang," jelas Suharto.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumbar Zaimar juga memastikan bahwa bahan pangan pokok di Sumbar tidak mengalami gejolak harga. Meski begitu ia mengakui bahwa harga cabai merah memang sempat melambung belakangan ini. Saat ini, cabai merah dibanderol dengan harga Rp 40 ribu per kg di pasaran.

"Harga itu baru dirasakan oleh masyarakat selama empat hari ini. Padahal sebelumnya, harga cabai merah berada pada kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kg," jelasnya.

Sementara itu, harga bawang merah saat ini berkisar dibawah Rp 15 ribu per kg. Sedangkan harga komoditas lainya, seperti gula, telur, tidak mengalami perubahan harga pada hari-hari sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement