Ahad 24 Dec 2017 18:57 WIB

Ini Evaluasi Menhub Usai Pantau Gerbang Tol Cikarang Utama

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan
Kepadatan gerbang Tol Cikarang Utama
Foto: ROL
Kepadatan gerbang Tol Cikarang Utama

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memantau pergerakan lalu lintas mudik libur Natal 2017 di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut), Ahad (24/12). Pemantauan tersebut dilakukan setelah prediksi puncak mudik natal yang terjadi pada 22-23 Desember 2017.

Setelah memantau pergerakan di lokasi tersebut, Budi mengatakan Kemenhub dan pihak terkait lainnya mengupayakan yang lebih baik. "Dari catatan yang kami lihat, di jalan-jalan tol praktis berjalan lancar," kata Budi di Media Center GT Cikarut, Ahad (24/12).

Meskipun begitu, Budi mengakui berdasarkan laporan dari PT Jasa Marga (Peesero) kenaikan volume kendaraan memang sempat terjadi di jalan tol menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Hal tersebut, kata Budi, sejalan dengan kenaikan anktivitas moda transportasi udara yang mencapai 12 persen.

Di sisi lain, pada beberapa titik Tol Jakarta-Cikampek memang rerjadi kepadatan namun menurut Budi hal tersebut bisa cepat teratasi. "Kemenhub sudah memberikan mandat kepada Korlantas untuk mengelola pengaturan lalu lintas. Upyaya contraflow efektif menyelesaikan masalah," ujar Budi.

Sementara untuk lalu lintas menuju Cipali, Budi mengatakan ada kenaikan signifikan sebanyak 58 persen. Untuk itu ia menyarankan, pemudik yang akan kembali ke Jakarta nantinya bisa menggunakan jalur Pantura tidak hanya melalui tol saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement