Rabu 29 Nov 2017 14:00 WIB

Belajar dan Bermain untuk Budayakan Siswa Rajin Menabung

Antusiasme peserta Ayo Menabung dan Berbagi CIMB Niaga di Pematang Siantar.
Foto: cimb niaga
Antusiasme peserta Ayo Menabung dan Berbagi CIMB Niaga di Pematang Siantar.

REPUBLIKA.CO.ID, PEMATANGSIANTAR -- Untuk mengenalkan budaya menabung sedari dini, khususnya pada siswa tingakat SD,SMP dan SMA, CIMB Niaga kembali melanjutkan program roadshow Ayo Menabung dan Berbagi. Kali ini kota terpilih adalah kota Pematangsiantar.

Diadakan di empat sekolah terpilih yaitu SMP Budi Mulia Pematangsiantar, SMP Kalam Kudus Pematangsiantar, SMK Negeri Teladan dan SD Taman Siswa Pematangsiantar. Ayo Menabung dan Berbagi kota Pematangsiantar dibuka di SMP Budi Mulia dengan dihadiri oleh Resman Panjaitan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar, perwakilan Bank Indonesia kota Pematangsiantar Sugeng Siswanto, Community Development Group Head CIMB Niaga Susy Hermanses dan Senior Branch Manager CIMB Niaga Pematangsiantar Raman.

Dalam kegiatan Ayo Menabung dan Berbagi atau AMDB ini, CIMB Niaga mensosialisaikan tabungan Simpanan Pelajar atau Simpel yaitu tabungan yang dikhususkan untuk pelajar. Dengan setoran awal Rp 5.000,- untuk konvensional dan Rp 1.000 untuk Ib Simpel diharapkan dapat memudahkan pelajar untuk mulai menabung sedari dini.

Agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta AMDB, kegiatan AMDB dikemas dengan konsep learn and play. Untuk tingkat SMP dan SMA peserta diajak berkompetisi dalam kuis literasi keuangan Sang Juara. Mereka berlomba-lomba menjawab pertanyaan bertema keuangan dan perbankan untuk menjadi Sang Juara di sekolah masing-masing.

Selain itu ada juga games Ayo Duplikasi Gambar yang melatih kerjasama dan daya ingat mereka. Peserta tingkat SMP dan SMA juga diajak berkompetisi dalam Social Media Challenge, yaitu lomba selfie/ wefie menggunakan Instagram berhadiah tabungan CIMB Niaga dengan total nilai Rp 6 juta.

Sedangkan di SD, peserta diajak bermain berbagai games edukatif bertemakan literasi keuangan dan perbankan seperti games laptop Run Banking Run, Word Search Puzzle, menyaksikan video Tour de Bank dimana peserta diajarkan dunia perbankan. Di akhir acara, peserta diajak menamam sayur bersama dalam media tanam Kits for Kids. Menanam sama seperti menabung. Untuk mendapat hasil panen yang maksimal, kita harus merawat tanaman setiap hari. Sama halnya dengan menabung, untuk mendapatkan hasil panen maksimal, kita harus rajin menabung pula.   

Adv

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement