Kamis 23 Nov 2017 10:30 WIB

Investor Utama Facebook Jual Saham Miliknya

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Facebook (ilustrasi)
Foto: AP
Facebook (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Investor utama Facebook Inc, Peter Thiel, menjual dua per tiga saham Facebook yang ia miliki menyusul rencana penjualan yang telah ia sampaikan kepada otoritas pasar modal. Kali ini ia menjual 160.805 lembar saham senilai 29 juta dolar AS.

Thiel, yang menjadi anggota dewan komisaris Facebook, sudah menjual lebih dari satu miliar dolar AS saham miliknya sebelum ini. Penjualan sahamnya kali ini secara akumulatif membuatnya hanya memegang 59.913 saham Kelas AS di Facebook, demikian dilansir Reuters, Kamis (23/11).

Silicon Valley sendiri sudah diminta menghapus nama Thiel dari Facebook. Namun CEO dan salah satu pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, menyatakan Thiel masih harus berada di sana karena Facebook butuh beragam pandangan.

Seorang perwakilan Facebook membenarkan Thiel secara berkala menjual sahamnya dan tidak ada yang baru soal itu.

Thiel merupakan salah satu pendiri PayPal dan penyandang dana tuntutan atas Hulk Hogan berujung pada penghentian laman berita daring Gawker. Thiel mulai menjadi investor Facebook pada 2004 lalu dengan investasi awal 500 ribu dolar AS hingga valuasi investasinya mencapai lima juta dolar AS.

Saat Zuckerberg membawa Facebook menjadi perusahaan terbuka pada 2012, Thiel melepas 16,8 juta lembar saham miliknya dengan nilai 640 juta dolar AS. Di tahun yang sama, ia kembali menjual hampir 20 juta lembar saham dan menyisakan 26 juta lembar saham dengan nilai 400 juta dolar AS.

Ia kemudian melepas lagi saham Facebook miliknya hampir satu juta lembar saham senilai 100 juta dolar AS pada 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement