Sabtu 18 Nov 2017 12:26 WIB

Asuransi Perjalanan Jasindo Bidik Generasi Millennial

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Citra Listya Rini
Asuransi perjalanan (ilustrasi).
Asuransi perjalanan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Jalan-jalan atau travelling belakangan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini alias generasi millennial. Perilaku konsumtif ini pun ditangkap PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau lebih dikenal Asuransi Jasindo sebagai peluang bisnis ritelnya.

Direktur Operasi Ritel Asuransi Jasindo Sahata L Tobing mengatakan, asuransi Jasindo selalu dituntut untuk menciptakan inovasi-inovasi produk baru sebagai upaya dalam mempertahankan lini bisnisnya. Menurut dia, asuransi travel memiliki peluang bisnis yang besar mengingat hobi jalan-jalan masyarakat kekinian di Tanah Air semakin populer.

"Orang sekarang enggak mikir banyak untuk travelling. Nah, Jasindo ingin menjadi perusahaan yang cepat, murah dan gampang untuk urusan asuransi perjalanan," kata Sahata di Lombok Tengah, Sabtu (18/11).

Soft launching travel insurance Jasindo, kata Sahata, sudah dilakukan sejak awal tahun ini. Sejauh ini, menurut dia, hasil tes pasar travel insurance milik Jasindo hasilnya memuaskan. Kurang lebih Sahata menyebutkan perolehan premi dari travel insurance mendekati Rp 500 juta karena baru beberapa kantor cabang yang memasarkannya.

Diharapkan enam bulan seusai peluncuran, travel insurance Jasindo dapat meraup angka kurang lebih Rp 3 miliar dengan target Rp 500 juta per bulannya.

Sahata menyatakan, dalam memasarkan produk tersebut, pihaknya bekerjasama dengan berbagai e-commerce dan agen perjalan yang dikembangkan secara digital sehingga para pengguna produk asuransi perjalanan ini dapat mudah memperoleh produk ini.

"Kita itu new comer pastinya harus melakukan effort luar biasa dan kita enggak mau masuk ke market yang kompetisinya tidak terukur. Sekarang ini memasuki pasar millennial yang apa-apa serba online dan digital," ujar Sahata.

Kompetitor Jasindo untuk pasar travel insurance, kata Sahata, yang terdekat adalah ACA, selanjutnya AIG dan Axa Mandiri. Sahata ingin Jasindo menjadi salah satu travel insurance pilihan bagi para traveler. Selain membidik kalangan millennial yang hobi jalan-jalan, Jasindo juga menyasar para pelajar Indonesia yang menimba ilmu di luar negeri, pegawai badan usaha milik negara (BUMN) dan pejabat pemerintahan.

"Travel insurance Jasindo juga bisa dibeli oleh warga negara asing dengan premi dalam mata uang rupiah. Premi mulai dari Rp 250 ribu tergantung lamanya perjalanan. Jasindo sudah bisa meng-cover perjalanan ke Eropa termasuk United Kingdom dan Amerika Serikat," kata Sahata.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement