Rabu 18 Oct 2017 14:15 WIB

Bank Mandiri Gelar Kompetisi Startup Fintech

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nidia Zuraya
Fintech (ilustrasi)
Foto: flicker.com
Fintech (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri melalui Mandiri Capital Indonesia menggelar kompetisi bagi para pelaku usaha rintisan (startup) di bidang teknologi finansial (fintech) bertajuk Finspire untuk menggaet startup fintech yang potensial dikembangkan melalui pembiayaan dan pelatihan. Kegiatan tersebut sebagai upaya Bank Mandiri dalam mengembangkan industri kreatif di tanah air untuk menciptakan nilai tambah bagi perekonomian.

Kompetisi tersebut digelar pada 18-19 Oktober 2017. Senior Vice President Bank Mandiri, Rahmat Broto Triaji, mengatakan, dalam kompetisi tahunan tersebut, sebanyak 71 startup dari dalam dan luar negeri akan mempresentasikan produk-produk terkait fintech untuk meningkatkan kemudahan dan efisiensi transaksi keuangan.

"Melalui penyelenggaraan kompetisi bisnis bagi perusahaan startup fintech ini, kami ingin mendapatkan deal flow berkualitas yang telah siap untuk dipasarkan," kata Rahmat melalui siaran pers, Rabu (18/10).

Rahmat menjelaskan, Finspire diselenggarakan dalam dua aktivitas. Masing-masing,Finspire startup pitchday yang digelar pada 18 Oktober 2017 di rumah Mandiri Inkubator, dan Finspire Summit pada 19 Oktober 2017 di Soehanna Hall, Energy Building Jakarta.

Direktur Utama Mandiri Capital Eddi Danusaputro menjelaskan, kegiatan Finspire startup pitchday, terdiri dari beberapa rangkaian acara yakni workshop, mentorship dan seleksi startups. Topik yang dibahas pada workshop tersebut antara lain regulatory clinic, partnership, product development dan growth and marketing.

Setelah workshop, peserta melalui proses mentoring dan penjurian bersama pelaku-pelaku industri fintech, baik dariventure capital maupun startup, seperti Mandiri Capital Indonesia, MDI, Skystar, Venturra capital, East ventures dan Convergence.

Melalui acara Finspire startup pitchday, juri dan mentor mengusulkan enam startup terbaik untuk melakukan pitching di finspire summit pada 19 Oktober 2017.

Finspire summit akan diselenggarakan dengan rangkaian kegiatan yakni workshop dan pitching competition untuk para finalis yang telah direkomendasikan dari acara finspire startup pitchday.

Beberapa topik workshop di antaranya, Exploring Fintech Ecosystem in Indonesia dengan pembicara Joseph Georgino Godong (CTO Bank Mandiri) dan Marshal Pribadi (CEO Privy), Fintech Future commerce dengan pembicara Florian Holm Co-CEO Lazada Indonesia, Indonesias fintech insight dengan pembicara Guillaume de Gantes Mckinsey and company serta berbagai topik dan pembicara menarik lainnya.

Selanjutnya, dalam babak final pitching competition, peserta diuji oleh juri-juri berpengalaman dalam industri Fintech, di antaranya Eddi danusaputro dari MCI, Thomas Wahyudi dari Bank Mandiri, dan Patrick Walujo dari Northstar.

Juara pertama kompetisi Finspire akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 80 juta, Juara kedua sebesar Rp 50 juta dan juara ketiga sebesar Rp 30 juta. Para pemenang juga mendapatkan golden tiket untuk mengikuti program inkubator selama enam bulan untuk mengembangkan bisnis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement