Selasa 10 Oct 2017 19:17 WIB

BNI Syariah Targetkan Tabungan Haji Rp 1,27 Triliun

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas mengoperasikan aplikasi Hasanah Personal BNI Syariah saat Islamic Tourism Expo 2017, Jakarta, Selasa (10/10).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas mengoperasikan aplikasi Hasanah Personal BNI Syariah saat Islamic Tourism Expo 2017, Jakarta, Selasa (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BNI Syariah menargetkan nilai simpanan tabungan haji dan umrah melalui produk Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah senilai Rp 1,27 triliun sampai akhir tahun. Saat ini, jumlah nasabah tabungan tersebut sebanyak 420 ribu nasabah.

 

Plt Direktur Bisnis BNI Syariah Dhias Widhiyati mengatakan, perusahaan menargetkan setiap bulan dapat menghimpun dana sekitar Rp 20 miliar hingga Rp 25 miliar untuk produk tersebut. Untuk tahun ini hingga awal Oktober 2017, tabungan haji dan umrah telah terkumpul Rp 276 miliar. Sedangkan secara keseluruhan telah mencapai Rp 1,2 triliun.

 

"Saat ini sudah hampir mencapai target, sampai akhir tahun targetnya Rp 1,27 triliun," kata Dhias di sela-sela acara Islamic Tourism Expo 2017 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (10/10).

 

Dhias menambahkan, sampai saat ini, sebanyak 2.400 orang yang telah mendaftar umrah melalui BNI Syariah. Tahun lalu, jumlahnya sebanyak 500 orang, meningkat tahun ini sebanyak 1.900 orang.

 

Produk Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah merupakan tabungan haji dan umroh yang dikelola secara syariah bagi nasabah yang ingin merencanakan pemberangkatan haji ataupun umroh.

 

Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah memberikan dua pilihan akad, yakni wadiah (titipan) bebas biaya administrasi serta akad mudharabah (bagi hsil) yang dikenakan biaya administrasi. Nasabah dapat membuka pembukaan rekening cukup dengan setoran awal Rp 100 ribu untuk tabungan dengan akad wadiah. Sedangkan untuk akad mudharabah, syarat pembukaan rekening sebesar Rp 500 ribu.

 

Nasabah yang memiliki tabungan BNI iB Baitullah Hasanah akan mendapatkan Kartu Haji dan Umroh Indonesia. Kartu ini dapat digunakan di ATM dan merchant yang berlogo Mastercard di Tanah Suci maupun seluruh dunia. Sehingga nasabah bisa lebih konsentrasi beribadah tanpa harus khawatir risiko kehilangan uang.

 

BNI Syariah juga telah meluncurkan aplikasi Hasanah Personal untuk mempermudah dalam memilih paket umrah dan wisata halal. Aplikasi tersebut bisa digunakan oleh nasabah maupun non nasabah BNI Syariah. Pengguna aplikasi bisa menentukan sendiri jadwal keberangkatan, maskapai, penginapan hingga metode pembayaran. Aplikasi tersebut juga diharapkan dapat mendorong peningkatan tabungan haji dan umrah BNI Syariah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement