Selasa 26 Sep 2017 08:08 WIB

Studi: Mayoritas Miliarder Memulai Kariernya Sebagai Sales

Rep: Binti Sholikah/ Red: Bilal Ramadhan
Mata uang dolar AS (ilustrasi)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Mata uang dolar AS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut sebuah studi baru, mayoritas orang terkaya di dunia, yang kekayaannya telah mencapai lebih dari 2,3 triliun dolar AS, merupakan pemegang gelar dan memulai karir mereka dalam penjualan.

Agen perekrutan Aaron Wallis baru-baru ini mempelajari daftar kaya Forbes dan melihat masa lalu kehidupan miliarder, untuk mengetahui bagaimana orang terkaya di dunia menghasilkan begitu banyak uang. Menurut Forbes, kekayaan gabungan dari 100 orang terkaya di bumi setara dengan 1,3 persen dari total kekayaan dunia pribadi sebesar 1,67 triliun dolar AS.

Agensi menemukan, lebih dari separuh orang yang paling makmur sebenarnya tidak memulai bisnis mereka sendiri atau mewarisi kekayaan besar, dengan 53 di antaranya memulai karir mereka di organisasi lain.

Dan untuk sepuluh dari 53 miliarder tersebut, pekerjaan pertama yang menyebabkan kekayaan mereka sebagai penjual (sales person). Sementara yang lain memulai bekerja sebagai pedagang saham (trader), pengembang perangkat lunak, insinyur dan analis.

"Hasil kami menunjukkan bahwa mereka yang memulai dalam peran penjualan lebih cenderung menjadi miliarder. Bisa jadi orang-orang yang akrab dengan kesepakatan bisnis pada titik awal dalam karir mereka akan membawa kesuksesan ini ke dalam kesuksesan dalam satu juta poundsterling yang kemudian terjadi dalam kehidupan mereka," kata Aaron Wallis dalam laporannya, seperti dikutip dari Gulfnews.com, Senin (25/9).

Berdasarkan daftar pekerjaan terbaru Gulf News getthat.com, di Uni Emirat Arab (UEA) profesi penjualan berada di urutan teratas daftar, diikuti oleh peran, teknik dan akuntansi lainnya. Lima besar pekerjaan pertama miliarder yakni, sales person, stock trader, pengembang perangkat lunak, insinyur, dan analis.

Di antara mereka yang memulai karir dalam penjualan adalah George Soros, menempati urutan ke-29 orang terkaya di dunia. Sebelum menjadi kaya, Soros berkeliling, menjual mainan dan hadiah untuk pedagang grosir.

Michael Dell, miliarder lain dalam daftar yang mendirikan Dell Technologies, adalah salesman panggilan dingin untuk sebuah perusahaan penerbitan sebelum dia kemudian pindah untuk memulai perusahaannya sendiri.

Saat melihat latar belakang pendidikan orang terkaya di dunia, Aaron Wallis menemukan mayoritas (75 dari 100 miliarder) memiliki gelar, dengan hanya 25 persen yang tidak menyelesaikan kuliah.

Di antara mereka yang berpendidikan tinggi, sebanyak 22 orang merupakan lulusan teknik, sementara 16 orang menyelesaikan gelar di bidang bisnis dan 11 orang lebih banyak belajar keuangan dan ekonomi. Gelar ilmu hukum dan komputer juga cukup umum di kalangan miliarder dunia.

"Hasil kami menunjukkan bahwa orang-orang dengan gelar teknik atau bisnis lebih cenderung memukulnya dengan kaya. Ada kecenderungan yang jelas antara orang-orang yang mempelajari subjek teknik dan orang terkaya di dunia," kata Aaron Wallis.

Aaron mengatakan banyak pengusaha miliarder di industri teknologi, seperti Jeff Bezos dari Amazon atau Larry Page dari Google, telah mempelajari teknik. Dalam pekerjaan utama, mereka yang belum memulai bisnis sendiri dan memiliki gelar teknik mungkin saja beruntung juga.

Menurut Bayt.com, gelar sarjana / pascasarjana di bidang teknik adalah kualifikasi akademis paling dicari bagi pengusaha di wilayah ini. Dari penelitian yang dipublikasikan awal tahun ini, situs pekerjaan menemukan 30 persen perusahaan di UEA dan negara-negara Timur Tengah lainnya mencari kandidat dengan gelar di bidang teknik.

Kandidat yang juga diminati adalah mereka yang mempelajari manajemen bisnis sebanyak 28 persen dan perdagangan sebanyak 21 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement