Sabtu 16 Sep 2017 08:15 WIB

PGN Pasang 300 Konverter Kit di Batam untuk Mobil Dinas

Konverter Kit
Konverter Kit

REPUBLIKA.CO.ID,BATAM -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) akan memasang 300 konverter kit di mobil dinas pemerintah daerah, dan kendaraan umum Kota Batam, Kepulauan Riau. "Konverter kendaraan dinas pemda di Batam kami akan pasang sebanyak 106 unit serta taksi sebanyak 194 unit," kata Division Head Corporate Communication PGN, Desy Anggia, Kamis (14/9).

Sebanyak 300 konverter kit dibagikan secara gratis oleh Kementerian ESDM melalui PGN untuk kendaraan dinas Pemerintah kota Batam, dan taksi. Desy mengatakan, sosialisasi pembagian dan pemasangan konverter kit di Batam merupakan bagian dari peran aktif perusahaan untuk mendukung program pemerintah dalam konversi bahan bakar minyak ke gas bumi di sektor transportasi.

"PGN sebagai BUMN Gas Bumi terus berupaya untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi secara nasional, termasuk salah satunya di wilayah operasional PGN di Batam dengan membagikan dan memasang konverter kit secara gratis untuk kendaraan dinas pemerintah dan kendaraan umum jenis taksi," ujar Desy.

Desy menambahkan, sosialisasi pembagian konverter kit oleh PGN sudah sesuai dengan aturan pemerintah, antara lain Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No.8103.K/12MEM/2016 tanggal 30 Desember 2016 tentang Penugasan kepada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dalam Penyediaan, Pendistribusian, dan Pemasangan Paket Konverter Kit untuk Kendaraan Dinas dan Kendaraan Bermotor Angkutan Penumpang Umum Tahun 2017.

"Dengan pemakaian gas bumi, masyarakat telah berperan serta dalam menggunakan energi baik yang lebih ramah lingkungan, aman, dan efisien. Apalagi penggunaan BBG dapat menghemat pengeluaran bahan bakar sebesar 20hingga 40 persen," kata dia.

Selain konverter kit, PGN terus berupaya memperluas penggunaan dan pemanfaatan gas bumi ke masyarakat di Batam.

Satu di antaranya, dengan membangun dan mengoperasikan 4.000 sambungan gas rumah tangga. Pelanggan PGN di Batam mencapai sekitar 4.700 pelanggan dari kalangan rumah tangga, industri, komersial, dan pembangkit listrik.

"Saat ini gas bumi sudah bisa digunakan ibu rumah tangga untuk memasak di daerah Batu Aji. Kami juga memasok ke industri dan usaha komersil seperti hotel, restoran, usaha laundry, dan banyak lagi," ungkap Desy.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement