Ahad 03 Sep 2017 20:04 WIB

Menhub Minta Pekerja Bandara Hingga Tol Lembur Malam Ini

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nur Aini
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Foto: ROL
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta operator layanan transportasi lembur untuk menghadapi arus balik Idul Adha 1438 H. Budi memperkirakan puncak arus balik  Idul Adha akan terjadi malam ini (3/9). 

Peningkatan arus balik tersebut menurut Budi akan dialami semua jenis transportasi terutama jalur darat dan udara. "Oleh karenanya saya minta yang di Bandara Soekarno Hatta dan jenis transportasi lainnya bisa bekerja sampai malam," kata Budi di Kantor Kemenhub, Jakarta, Ahad (3/9). 

Begitu juga bandara-bandara seperti di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali yang menurut Budi jumlah penumpangnya relatif sama meningkatnya, petugas operator harus bekerja lembur. Hal itu terutama untuk managemen dari Angkasa Pura I yang harus bisa mengantispasi jika ada yang belum mendapatkan tiket. 

Budi menuturkan permintan waktu kerja lembur tersebut dilakukan karena kerap ditemui sedikitnya petugas saat arus balik terjadi. "Saya minta hadir di tempat masing-masing karena biasanya di masa liburan seperti ini banyak teman-teman kita berdinas ini meliburkan diri," tutur Budi. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo yang meninjau langsung Tol Cikarang Utama sebagai titik yang harus diantisipasi pada arus balik mengungkapkan diprediksi ada 97 ribu kendaraan yang kan melintasi lokasi tersebut. Ia memastikan Jasa Marga juga akan turut mengantisipasi jika ada kepadatan di Cikarang Utama pada arus balik Idul Adha tahun ini. 

Dia menegaskan Jasa Marga melakukan upaya dari KM 66 sampai dengan KM 33 rencananya akan dibuat contraflow. "Sehingga tetap empat lajur (tiga ditambah satu) jadi tidak ada penyempitan, ini juga untuk menghindari kemacetan di rest area KM 53," kata Sugihardjo. 

Sugihardjo juga memastikan untuk mengoptimalkan arus lalu lintas selama arus mudik dan balik Idul Adha tahun ini maka semua proyek konstruksi di jalan tol diberhentikan. Sama seperti lebaran Idul Fitri, untuk memperlancar arus lalu lintas pekerjaan konstruksi diberhentikan sementara dan akan kembali dikerjakan besok (4/9).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement