Rabu 23 Aug 2017 19:55 WIB

Indonesia-India Jajaki Kerja Sama Industri Makanan

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera India (Ilustrasi).
Foto: IST
Bendera India (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Indonesia dan India memastikan akan membangun kerja sama lebih intensif untuk pembangunan industri makanan. Komitmen itu dibahas dalam kunjungan Menteri Negera Urusan Industri Pengolahan Makanan India ke Balai Besar Industri Agro (BBIA), Kementerian Perindustrian di Bogor, Rabu (23/8).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian RI, Ngakan Timur Antara mengatakan, Indonesia dan India adalah mitra penting yang memiliki banyak kesamaan, dekat secara budaya, ekonomi, dan politik. Kedua negara, lanjut dia, mempunyai bonus demografis sekaligus tantangan di mana India dan Indonesia mempunyai populasi yang besar.

"Karena alasan itu, sektor makanan dan minimum (mamin) menyimpang potensi besar juga. Saya harap ke depan ada kerja sama R&D untuk sektor mamin," ungkap Ngakan di BBIA jalan Ir. Juanda No. 11, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (23/8).

Kepala BBIA, Umar Hanson menambahkan, untuk pembangunan sektor makanan dan minuman Indonesia perlu melakukan inovasi. Karenanya, BBIA akan terus berbenah meningkatkan kompetensi sebagai pusat riset dan juga penyedia jasa teknis industri seperti pengujian makanan, sertifikasi ISO dan SNI, pelatihan hingga konsultasi.

"Indonesia mempunyai modal sumberdaya alam yang melimpah namun masih perlu mengejar ketertinggalan teknologi, untuk mempercepat pengusaan teknologi inilah kita perlu belajar dari negara lain," ujar Umar.

Umar mengatakan, menurut informasi yang diterima BBIA dari Kedubes India di Jakarta, India menawarkan basis produksi terdiversifikasi terbesar di 42 Mega Food Parks. Dalam upaya percepatan kerja sama Indonesia-India di sektor Industri makanan dan minuman ini, kerangka kerja sama harus disadarkan pada kerja sama yang modern, komprehensif, dan berkualitas dengan tetap menguntungkan satu sama lain.

Menteri Industri Pengolahan Makanan India berada di Indonesia untuk mempromosikan acara World Food India (WFI) 2017 yang akan diselenggarakan pada November nanti di New Delhi. Menteri Industri Pengolahan Makanan India ingin melakukan kunjungan ke Balai Besar Industri Agro di Bogor untuk memahami kegiatan yang dilakukan di BBIA dan untuk menelusuri peluang kerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement