Rabu 05 Jul 2017 19:18 WIB

Emiten Sektor Ritel Terimbas Bisnis E-Commerce

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nur Aini
ecommerce
ecommerce

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analis Mirrae Sekuritas Christine Natasya menilai, perkembangan e-commerce berdampak negatif terhadap emiten khususnya sektor ritel. Ia mencontohkan, salah satu emitennya adalah Ramayana Lestasi Sentosa (RALS), yang berada dalam kondisi yang kurang bagus.

Kondisi Ramayana tersebut disebabkan adanya perkembangan e-commerce, terutama penjualan produk baju untuk kelas menengah. ''Sehingga ritel pasti melemah,'' ucap Christine, saat dihubungi, Rabu (5/7).

Ia menilai, kinerja sektor ritel di semester I tidak lebih baik dibandingkan dengan semester I 2016. Apalagi ekspansi toko lebih agresif tahun ini. Efeknya akan terlihat pada pendapatan.

Christine berharap, semester II kinerja ritel bisa lebih baik. Dia menjelaskan, melemahnya emiten ritel disebabkan karena adanya e-commerce, bukan karena kemampuan daya beli yang melemah.

Meski demikian, ia menyebutkan justru pergerakan emiten sektor ritel seperti ACE Hardware (ACES) dan Mitra Adi Perkasa (MAPI) cenderung stabil dan membaik. Walaupun, saham ACE terus turun dari sejak sebelum Lebaran hingga saat ini. Begitu juga MAP yang hari ini anjlok 450 poin atau 6,82 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement