REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo memberikan apresiasi terhadap pelayanan mudik di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Apresiasi tersebut diberikan secara langsung oleh Sugihardjo ketika melakukan tinjauan di Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu (28/6) siang ini.
"Secara keseluruhan, kami mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh bandara ini kepada para pemudik," kata Sugihardjo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (28/6).
Sejauh ini, menurut dia, jumlah keseluruhan pemudik di bandara tersebut pada Idul Fitri tahun ini mengalami peningkatan di atas rata-rata nasional sekitar 10,2 persen. "Bahkan, kenaikannya itu sekarang sudah di atas rata-rata nasional, yaitu sampai 10,2 persen dari target 8 persen. Ini menunjukkan kebutuhan (demand) yang sangat tinggi," ujar Sugihardjo.
Meskipun demikian, dia tetap meminta agar pelayanan di bandara tersebut terus-menerus ditingkatkan, sehingga jumlah penumpangnya juga semakin banyak. "Salah satu yang harus ditingkatkan itu adalah landasan. Ketika mau terbang atau pun mendarat, kita bisa merasakan landasannya itu agak bergelombang. Jadi, itu harus diperbaiki," tutur Sugihardjo.
Dalam kesempatan tersebut, dia sempat menghampiri sejumlah calon penumpang yang sudah ada di area boarding dan menanyakan perihal pelayanan di Bandara Halim Perdanakusuma.
Selain itu, dia juga menyempatkan diri untuk meninjau area bermain anak yang masih berada di dalam area boarding. Area bermain anak itu hanya diperuntukkan bagi anak-anak dengan usia maksimal lima tahun. Di dalam area itu terdapat sekumlah mainan, seperti perosotan dan rumah-rumahan.