REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri menyediakan layanan perbankan terintegrasi bagi Garuda Indonesia. Layanan berupa fitur bank at work itu dapat membantu Garuda Indonesia dalam memenuhi berbagai kebutuhan pegawainya.
Kerja sama layanan perbankan tersebut ditandatangani langsung oleh Senior EVP Human Capital Bank Mandiri Sanjay dan Direktur SDM dan Umum Garuda indonesia Linggarsari Suharso di Jakarta, Rabu (21/6).
Melalui layanan bank at work, karyawan Garuda Indonesia dapat memanfaatkan fasilitas dan produk perbankan dengan fitur yang lebih komprehensif dan kompetitif, baik dari sisi tarif maupun suku bunga. Selain itu, Bank Mandiri juga akan menyediakan layanan co branding ID Card karyawan Garuda Indonesia.
Kartu co branding ini akan memiliki fungsi sebagai kartu prabayar Mandiri e-money yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi pembayaran, seperti pembayaran transportasi, parkir, belanja di jaringan retailer.
Menurut Sanjay, pegawai Garuda Indonesia dapat memilih layanan perbankan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Proses pengajuan fasilitas kredit pun dapat lebih mudah dibandingkan dengan fitur produk perbankan reguler.
“Kami berharap, melalui layanan ini, seluruh pegawai Garuda Indonesia maupun perusahaan mitra Bank Mandiri lainnya, dapat menerima manfaat yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan layanan perbankan,” katanya, melalui siaran pers yang diterima Republika, Rabu, (28/6).
Ia menjelaskan, karyawan Garuda Indonesia juga akan mendapatkan akses terhadap layanan finansial dari Mandiri Group untuk kebutuhan proteksi, kesehatan, dan investasi seperti Bank Syariah Mandiri, Mandiri Dana Pensiun Lembaga Keuangan (Mandiri DPLK), dan Mandiri Inhealth. Layanan ini juga mencakup Mandiri Tunas Finance, Mandiri Utama Finance, Mandiri Investasi, AXA Mandiri Financial Services, Mandiri AXA General Insurance, Mandiri Sekuritas, dan lainnya.
Selain layanan finansial, Mandiri Group akan terus memberikan layanan terbaik dan komprehensif bagi perusahaan dan pegawai melalui kegiatan Financial Planning Class, Bank at Work Fair, Investment Day, dan Persiapan Pensiun Pegawai.
Khusus untuk kartu ID Card co branding, tambah Sanjay, pihaknya juga telah menyediakan sejumlah akses bagi karyawan untuk mengisi ulang. Akses tersebut seperti aplikasi e-money isi ulang pada telepon pintar Android, lalu mesin ATM, kantor cabang Bank Mandiri, vending machine e-Money, halte busway, gardu tol serta retailer Indomaret. Dirinya menyebutkan, sinergi ini dapat meningkatkan frekuensi transaksi kartu prabayar e-money.
pada periode Januari sampai Mei 2017, e-Money telah mencapai 188 juta transaksi per bulan dengan nilai sebesar Rp 2 triliun, tumbuh 57 persen dari periode sama tahun lalu. Dari nilai tersebut, transaksi terbesar terjadi di gerbang tol yakni sebesar 71 persen dari total transaksi. Adapun jumlah kartu berlogo e Money yang telah diterbitkan Bank Mandiri pada akhir Mei 2017 tercatat sebanyak 9,6 Juta
Sementara itu, Linggarsari Suharso mengemukakan bahwa, kerja sama ini dapat mendukung penguatan sinergi Badan Usaha Milik Negara serta membantu Garuda Indonesia dalam memenuhi kebutuhan layanan keuangan pegawai.
Program Bank at Work Bank Mandiri ini, kata Sari, juga diharapkan bisa membantu perseroan dalam meningkatkan kesejahteraan dan loyalitas pegawai Garuda Indonesia Indonesia sehingga terus meningkatkan kontribusi positif bagi pengembangan perseroan serta pembangunan ekonomi Indonesia.