Senin 26 Jun 2017 19:14 WIB

Menhub Minta Pemudik Perhitungkan Waktu Arus Balik

Rep: INTAN PRATIWI/ Red: Ilham Tirta
Menteri Perhubungan Darat Budi Karya Sumadi
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Menteri Perhubungan Darat Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik untuk bisa melakukan perhitungan dan mengambil waktu yang tidak terlalu mepet untuk balik dari mudik. Budi menjelaskan, ada peningkatan volume kendaraan menuju Jakarta pada Jumat atau Sabtu pekan ini.

Budi mengimbau agar para pemudik sudah dapat menuju kembali ke Jakarta sebelum H+4 atau sebelum Kamis besok. Ia mengatakan, kendaraan truk sudah akan mulai beroperasi pada Jumat, maka hal ini akan menambah kepadatan jalan.

"Iya, jika tidak Jumat, ya Sabtu akan ada penumpukan kendaraan yang mengarah ke Jakarta. Puncaknya akan ada di tanggal tersebut," kata Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Senin (26/6).

Budi menjelaskan, jika para pemudik bisa mendahulukan pulang, maka kepadatan jalan bisa diminimalisir. Ia mengatakan, pemudik dapat menghabiskan sisa waktu liburan di Jakarta untuk beristirahat atau berkunjung ke tempat hiburan terdekat.

Jasa Marga memprediksi akan terjadi arus balik pada H+5 Lebaran atau pada Jumat (30/6/2017), mendatang, mengingat sudah selesainya masa cuti bersama. Budi Karya menjelaskan, arus balik akan cenderung lebih terurai dibanding dengan arus mudik.

"Kalau urusan di kampung halaman sudah selesai, bisa segera kembali, agar nanti tidak perlu bertemu dengan truk di jalan, karena pasti jalannya akan lebih lambat," ujar Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement