Kamis 08 Jun 2017 11:04 WIB

Industri Otomotif akan Tumbuh Positif Kuartal II 2017

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
Pabrik perakitan mobil.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pabrik perakitan mobil. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memproyeksikan laju pertumbuhan industri otomotif akan mengalami peningkatan pada kuartal kedua 2017.

Airlangga cukup optimistis harapan itu dapat terwujud mengingat data statistik yang menunjukkan pertumbuhan industri otomotif sudah menunjukkan angka yang positif sejak awal kuartal kedua. "Tahun lalu di kuartal kedua pertumbuhan otomotif naik. Sekarang indikatornya sudah terlihat ada kenaikan," kata dia, Kamis (8/6).

Kemenperin mencatat, sektor otomotif berekspansi 8,39 persen pada kuartal II 2016 setelah hanya tumbuh 3,36 persen di kuartal I. Menurut Airlangga,​ ada tren tahunan yang menunjukkan pertumbuhan di kuartal kedua biasanya lebih baik dibanding kuartal sebelumnya.

Selain otomotif, sektor makanan dan minuman juga diprediksi akan mengalami peningkatan pertumbuhan di kuartal kedua 2017. Ini karena adanya momentum Ramadhan dan Idul Fitri di mana konsumsi masyarakat akan meningkat tajam dan memberikan dampak positif pada peningkatan produksi industri makanan dan minuman.

Menperin memprediksi, pertumbuhan di  sektor otomotif serta makanan dan minuman tersebut akan menggerek laju industri nasional secara keseluruhan. Ia berharap, pertumbuhan industri nasional di triwulan kedua juga dapat lebih tinggi dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. "Kemarin pertumbuhan industri (kuartal satu) sekitar 4,71. Harapannya sih ada lebih sedikit."

Namun, meski optimistis dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri, Airlangga menilai terlalu dini untuk menerka angka pertumbuhan industri di kuartal ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement